Menperin: Industri Otomotif Indonesia Menjadi Kekuatan Global yang Harus Diperhitungkan

gaikindo
Industri Otomotif Indonesia Menjadi Kekuatan Global yang Harus Diperhitungkan dok GIIAS 2023

RAJAMOBIL.COM,JAKARTA–Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita  memberikan arahan langsung kepada para petinggi industri otomotif Indonesia untuk menghadapi tantangan dalam upaya terus mengembangkan industri otomotif Indonesia.

”Kementerian Perindustrian mengapresiasi dan merayakan pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan industri otomotif,” katanya.

Dedikasi, kecerdikan dan komitmen dari para pelaku industri otomotif Indonesia telah mendorong sektor otomotif Indonesia ke level baru.

Menjadikannya kekuatan global yang harus diperhitungkan.

Sektor otomotif Indonesia telah menjadi pemain kunci di pasar regional dan menjadi penyumbang signifikan bagi Perekonomian negara.

Dengan Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, terobosan teknologi dan pertumbuhan kelas menengah, permintaan mobil meningkat, menjadikan Indonesia sebagai pusat otomotif yang potensial di Asia Tenggara.

“Sektor otomotif di Indonesia tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang signifikan  bagi perusahaan domestik maupun asing, ” kata Menteri Perindustrian di sela GIIAS Power Dinner  di Langham Ballrom,  di ICE BSD City pada  Senin (7/8) .

Menteri Perindustrian juga menyempatkan untuk memberikan langsung plakat penghargaan kepada industri otomotif melalui Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.

Jelang penyelenggaraannya, GIIAS 2023 beberapa rangkaian acara telah berlangsung.

GIIAS Power Dinner adalah acara silaturahmi untuk menjalin hubungan yang erat antara Kementerian Perindustrian dengan para pelaku industri otomotif Indonesia.

Tahun ini  sejumlah petinggi sektor otomotif hadir pada acara tersebut.

Seperti agen Pemegang Merek (APM) peserta GIIAS 2023, dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier, Dirjen KPAII Eko SA Cahyanto, dan jajaran Kementerian Perindustrian lainnya.

Dalam acara ini, GAIKINDO mewakili industri otomotif Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kebijakan dari pemerintah Indonesia.

Khususnya Kementerian Perindustrian, industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi catatan sebelum pandemi.

Industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik.

“Bahkan melebihi capaian sebelum pandemi, semua ini berkat dukungan dan kebijakan dari Kementerian Perindustrian, khususnya dibawah arahan Bapak Menteri,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Menurutnya kebijakan PPnBM DTP, pembangunan pelabuhan khusus kendaraan Patimban, serta perkembangan pesat infrastruktur jalan, pertumbuhan wholesale kendaraaan pada tahun 2022 naik hingga 18% dari tahun sebelumnya.

Sehingga tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia naik empat peringkat menduduki peringkat ke-11, sementara untuk penjualan domestik Indonesia juga naik menjadi posisi ke-14 dunia.

Nangoi juga menyampaikan pendekatan agresif dari Kementerian Perindustrian kepada para prinsipal merek kendaraan global, industri otomotif Indonesia juga berhasil menggenjot kenaikan ekspor hingga 60 persen, mencapai angka tertinggi lebih dari 470 ribu unit.

”GAIKINDO bersama industri otomotif Indonesia akan terus berkomitmen kedepannya untuk terus meningkatkan pasar domestik dan mendorong peluang Indonesia menjadi basis produksi untuk kegiatan ekspor,” ungkap Nangoi.

Sebagai apresiasi atas Dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, atas nama industri otomotif Indonesia, GAIKINDO menyampaikan plakat khusus dengan bentuk kendaraan kepada Menteri Perindustrian.

“Industri otomotif Indonesia tidak hanya melewati masa pandemi yang berat, namun juga dapat mencatat capaian tertinggi dari sebelumnya,” tutur Nangoi.

GIIAS Dorong Industri Otomotif Indonesia

GAIKINDO juga akan terus menyelenggarakan GIIAS guna mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

Berlangsung pada 10-20 Agustus 2023, merupakan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO yang ke-30, sejak pertama kali  pada tahun 1986.

Dengan total peserta kendaraan bermotor terbanyak, penyelenggaraan GIIAS tahun ini menjadi tonggak sejarah bagi GAIKINDO yang telah menampilkan berbagai pencapaian, dan karya industri otomotif Indonesia kepada masyarakat.

Kementerian Perindustrian, melihat GIIAS sebagai ajang pendorong pertumbuhan industri, serta ajang edukasi Masyarakat mengenai kemajuan produk otomotif Indonesia yang berstandar global.

Sekaligus menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Sehingga nantinya dapat meningkatkan ketahanan energi dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia.

GIIAS 2023 akan menghadirkan informasi dan edukasi mengenai produk dan teknologi terkini dari total 49 merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua.

5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Truk.

Selain kendaraan roda empat tersebut, ada lebih dari 100 merek dari sepeda motor dan industri pendukung juga hadir di GIIAS 2023.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?