Edisi Terbatas, Porsche Hadirkan Model 911 S/T di Hari Jadinya ke-60

porsche
Porsche Hadirkan Model 911 S/T di Hari Jadinya ke-60 dok Porsche

RAJAMOBIL.COM, STUTTGART–Bicara nama Porsche, tentunya terbayang sosok sedan sport premium asal Jerman.

Bertepatan dengan ulang tahun istimewa ke-60 mobil sport ikonik 911, para insinyur di Weissach telah merancang sebuah mobil sport edisi terbatas sebanyak 1.963 unit.

Model 911 S/T ini ditujukan bagi mereka yang menyukai kesenangan berkendara murni.

Model anniversary eksklusif ini menggabungkan kelebihan dari 911 GT3 dengan Touring Package dan 911 GT3 RS.

Kombinasi unik dari kelincahan dan dinamika berkendara.

Mobil ini menggabungkan mesin boxer 4.0 liter bertenaga 386 kW (525 PS) dari 911 GT3 RS yang tidak bermesin turbo dengan transmisi manual rasio pendek.

Konstruksi ringan yang tegas dan konfigurasi perangkat roda yang dioptimalkan sangat menunjang kelincahan berkendara.

911 S/T hanya memiliki berat 1.380 kilogram (berat kerb DIN, termasuk semua cairan), menjadikannya model teringan dari generasi 992.

Paket disain heritage opsional terinspirasi dari versi balap 911 S dari akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an.

Desain model anniversary menggabungkan keahlian GT dan motorsport dari Porsche.

Hal ini tercermin dalam penanganan yang sangat lincah dan gesit, yang dirancang untuk kesenangan berkendara maksimal di jalan-jalan berliku.

Pengurangan massa berputar baik di mesin maupun roda dan rem menjamin responsivitas yang sangat dinamis.

Model 911 S/T  mampu merespons perintah pengemudi dengan segera. Setiap gerakan kemudi, setiap tekanan pada pedal gas atau rem diimplementasikan segera dan dengan presisi yang tepat.

Berbeda dengan 911 GT3 RS, fokus pengembangan 911 S/T tidak untuk penggunaan lintasan, melainkan untuk perjalanan di jalan umum.

Nama ini menandai 911 S/T baru sebagai keturunan dari versi yang sangat berorientasi pada performa dari generasi 911 pertama.

Mulai tahun 1969, Porsche menawarkan versi balap khusus dari 911 S. Secara internal, kendaraan-kendaraan ini disebut 911 ST.

Modifikasi pada sasis, roda, mesin, dan bodi secara signifikan meningkatkan percepatan, pengereman, traksi, dan cengkeraman saat berbelok.

Spoiler besar dan bantuan aerodinamika lainnya belum digunakan pada model-model ini. 911 S/T baru mengambil semangat 911 S (ST) asli dan mentransfernya ke generasi model 911 Porsche saat ini.

Model anniversary ini menggabungkan elemen dari 911 GT3 RS dengan bodi 911 GT3 dengan Touring Package dan melengkapinya dengan komponen ringan  khusus untuk 911 S/T.

Hasilnya adalah pengalaman berkendara yang unik dalam portofolio 911 GT.

Konstruksi ringan dari spoiler hingga kopling

Model 911 S/T mencapai penanganan yang sangat lincah dan langsung melalui desain ringan yang konsisten.

Bagian depan bonnet, atap, sayap depan, dan pintu dengan saluran udara yang mencolok terbuat dari plastik diperkuat serat karbon ringan (CFRP).

Hal yang sama berlaku untuk roll cage, rear axle anti-roll bar, dan shear panel (elemen penguat pada rear axle).

Porsche juga melengkapi model anniversary ini dengan roda magnesium, sistem PCCB, baterai starter lithium-ion, dan kaca ringan, semuanya sebagai standar.

Dengan insulasi yang dikurangi, penghilangan rear-axle steering, dan penghematan berat pada powertrain, 911 S/T mencapai berat (kerb DIN) hanya 1.380 kg.

Ini membuat mobil 40 kg lebih ringan daripada 911 GT3 Touring manual.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?