Mana Lebih Memuaskan, Bengkel Resmi Atau Umum?

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Sebuah survei terbaru menemukan fakta bahwa rata-rata konsumen mengaku lebih puas dengan layanan bengkel umum ketimbang bengkel resmi.

Survei yang dilakukan Consumer Reports itu merangkum pernyataan mengenai kepuasan dari lebih 121.000 pemilik kendaraan. Dari jumlah itu, 80.000 kendaraan diservis di bengkel resmi sedangkan 41.000 kendaraan di bengkel umum.

Secara keseluruhan, survei menemukan fakta bahwa bengkel umum mengalahkan bengkel resmi dalam hal kepuasan pelanggan, harga, kualitas, kesopanan staf dan waktu penyelesaian. Meski ada beberapa pengecualian, tapi mekanik di bengkel umum mengungguli rekan mereka di bengkel resmi di hampir semua aspek.

Memiliki divisi servis yang kuat sangat penting bagi diler untuk meraih untung. Jika mengacu pada profitabilitas, data menunjukkan bahwa bisnis servis dan sukucadang menyumbang sekitar 40% dari total laba kotor diler, kata Laurence Dixon, analis otomotif senior di NADA, seperti dilansir Detroit News.

Namun demikian, tak semua bengkel resmi kalah dari bengkel umum, karena mayoritas responden mengaku puas dengan pelayanan keseluruhan di bengkel resmi. Contohnya adalah bengkel resmi Tesla, yang mendapat penilaian memuaskan dalam hal waktu perbaikan, harga, kualitas dan kepuasan secara keseluruhan.

Consumer Reports mencatat bahwa penilaian tinggi yang diberikan kepada bengkel resmi seperti Tesla itu bisa terjadi bila populasi kendaraan yang diservis tidak terlalu banyak, karena Tesla adalah mobil listrik yang memang belum banyak populasinya.

Tapi patut dicatat bahwa survei tersebut dilakukan di AS, yang dikenal memiliki regulasi dan pengawasan yang ketat terhadap bisnis dan layanan kepada konsumen. Oleh karena itu, meski disebut bengkel umum, namun bengkel tersebut khusus melayani merek tertentu, sehingga layanan yang diberikan layaknya bengkel resmi dengan standar kualitas tinggi. Bedanya hanyalah mereka bukan waralaba dari merek tertentu. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here