6 Langkah Cuci Mobil Saat Musim Hujan

RAJAMOBIL.COM, Bekasi –  Di musim penghujan seperti sekarang ini, tentunya bagi Anda yang memiliki mobil harus ekstra melakukan perawatan cuci mobil agar mobil kesayangan Anda terawat dan selalu tampil bak mobil baru keluar pabrik.

Pekerjaan mencuci mobil mungkin telihat mudah. Namun bila Anda biarkan terlalu lama kotor, maka lama kelamaan cat pada bagian bodi mobil akan terlihat kusam dan cepat memudar.

Tidak ada salah jika Anda sedikit meluangkan waktu untuk mencuci mobil, di musim pengujaan seperti sekarang ini. Terlebih jasa pencucian mobil kini sudah bertebaran di mana-mana.

“Saat musim hujan, mobil harus sering-sering dicuci, terutama di bagian bawah atau kolong bodi yang rentan karatan,” ujar Budiman, mekanik bengkel Service Station di Bekasi, kepada Rajamobil, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, kadang panas, kadang pula hujan. Mencuci mobil perlu dilakukan secara teratur. Pasalnya,  hampir semua bagian bodi luar mobil terbuat dari plat-plat besi yang dilapisi oleh cat, lama-kelamaan ini akan memudar serta berkurang daya tahannya.

“Air hujan itu mengandung zat asam, air ini akan bercampur dengan debu dan kotoran yang menempel di bagian bodi mobil. Bila dibiarkan akibatnya lambat laun akan menyebabkan karatan,” ujar pria yang akrab disapa Tambunan ini.

Lebih lanjut menurut pria asal Sumatera Utara itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan cuci mobil terutama di musim hujan. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, mobil harus sering dicuci minimal 2 kali dalam seminggu.

Kedua, pakailah bahan shampoo khusus mobil yang mengandung bahan-bahan pencegah anti karat. Tidak dianjurkan menggunakan produk sabun rumah tangga, seperti sabun colek atau detergen.

Ketiga, gunakan busa dan lap khusus. Jangan menggunakan lap biasa, seperti kain bekas, sebab kotoran dan pasir debu akan menempel di kain sehingga sewaktu mencuci dapat mengakibatkan cat atau bagian bodi tergores.

Keempat, pakailah sikat untuk mencuci di bagian roda, seperti ban, pelek, dan  kaki-kaki bawah.

Kelima, tidak dianjurkan mengelap bodi dan kaca mobil dalam keadaan berdebu. Sebab debu yang menempel pada bagian mobil akan membuat lapisan kaca dan cat tergores. Disarankan untuk menyiram atau disemprotkan terlebih dahulu dengan air agar debu yang menempel pada bagian mobil mencair.

Keenam, bagian yang menggunakan anti karat, sebaiknya jangan disikat, cukup dibersihkan pakai sabun dengan busa pembersih. Hal ini untuk menghindari lapisan pelindung anti karat tersebut menipis sehingga cepat rontok.

Nah, tunggu apalagi, segera cuci mobil kesayangan Anda agar terawat dan tampil kinclong seperti mobil baru.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?