5 Tips Aman Nyetir Mobil di Jalan Ala Pereli

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Untuk mengendarai mobil di jalan raya dengan aman, tak salah jika Anda mengambil cara-cara yang dilakukan pereli profesional. Seperti apa?

Berikut ini pereli Subaru asal Kanada, Antoine L’Estage, akan berbagi ilmu dan pengalamannya dalam menggeber kendaraannya di berbagai lintasan reli, seperti dilansir Autoguide. Ada lima langkah yang harus Anda lalui saat mengendarai mobil di jalan raya, yaitu:

1. Antisipasi
L’Estage menekankan pentingnya antisipasi ketika mengemudi. Perlu tahu lebih cepat apa yang ada di depan kendaraan, potensi yang akan ada di depan kendaraan, dan yang tak kalah penting adalah kesiapan untuk bereaksi saat menghadapi situasi tertentu kala mengemudi. Di ajang reli, grip atau cengkeraman ban pada permukaan lintasan dan permukaan lintasan dapat berubah hanya dalam hitungan sepersekian detik.

Di jalan raya, situasi yang sama bisa terjadi, terutama saat hujan atau musim salju. Ketika pengemudi dapat mengantisipasi lebih baik saat mengemudi, diharapkan akan lebih sedikit terjadi kecelakaan.

2. Rasakan cengkeraman ban
Mengantisipasi bagaimana kondisi akan berubah sangat penting, tapi bisa merasakan perubahan ini dan bagaimana kondisi itu dapat memengaruhi cengkeraman ban juga tak kalah penting.

Cara terbaik untuk merasakan cengkeraman ban adalah mencoba tidak menekan pedal rem terlalu keras jika belum tahu kondisi sebenarnya pada permukaan jalan. Hal ini untuk mengetahui di titik mana cengkeraman ban mulai hilang dan ban mulai selip. Jangan gegabah langsung menginjak pedal rem dalam-dalam. Juga perlu hati-hati saat memasuki tikungan atau saat berakselerasi dari posisi diam. Jadi sebaiknya tetap pelan-pelan menginjak pedal gas dan pedal rem.

3. Konsentrasi dan Fokus
Kelihatannya normatif. Tapi memang penting untuk tetap konsentrasi saat berada di balik kemudi. Pengemudi harus tahu kemana akan pergi dan apa yang dilakukan oleh mobil. Banyak pengemudi tidak 100% konsentrasi saat mengemudi, dan dalam kondisi lalu lintas yang makin semrawut seperti saat ini, kondisi tersebut akan membahayakan keselamatan.

4. Istirahat cukup
Dalam balapan, termasuk reli, diperlukan kondisi badan yang bugar sebelum terjun dalam lomba, karena balapan sangat menguras energi dan butuh konsentrasi tinggi dan fokus, terutama di malam hari.

Kondisi yang sama dibutuhkan saat mengemudi di jalan raya. Semakin lama Anda mengemudi, semakin banyak tenaga dan energi yang terkuras. Kala malam tiba, pandangan mulai berkurang dan banyak pengemudi yang sudah lama berada di balik kemudi mulai kelelahan dan kurang konsentrasi. Untuk itu, diperlukan istirahat yang cukup agar selalu bugar dan berkonsentrasi saat mengendara.

5. Pastikan mobil dalam kondisi baik
Pebalap mana pun di dunia tak mampu memenangi lomba jika mobil mereka tak siap melahap berbagai kondisi di lintasan. Membalap di permukaan jalan berlumpur, gravel, es dan bersalju tentu butuh setelan sasis dan ban yang sesuai.

Meski Anda tidak harus mengubah setelan mobil tiap hari saat mengemudi di jalan raya, tapi tetap saja Anda memastikan ban yang tepat dan setelan mobil yang pas saat berkendara di kondisi jalan tertentu. Anda perlu ban khusus musim dingan ketika permukaan jalan tertutup salju dan es. Juga jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin agar mobil sehat dan dalam performa terbaik.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here