Merawat Velg Mobil di Musim Hujan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Merawat mobil tak semudah seperti yang kita bayangkan. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini yang butuh perhatian ekstra agar mobil terlihat tetap ‘kinclong’. Dari sekian banyak bagian mobil, ada salah satu bagian yang harus perhatikan, yakni velg.

Bagian mobil paling bawah ini sangat sering terkena pasir, batu, tanah, genangan air, bahkan kotoran lainnya, akibatnya bisa membuat velg jadi kusam dan bernoda, yang lambat laun bisa mengakibatkan korosi. Lantas bagaimana cara merawatnya?

Menurut Dedy Lim, CEO Dcar Industries, distributor Rota Wheel di Indonesia, setelah menerjang genangan air ada baiknya velg langsung dibersihkan dan untuk membersihkannya ini juga sangat mudah.

“Merawat velg mobil yang kusam dan kotor sehabis hujan dapat langsung disiram dengan air bersih untuk membuang kotoran pasir dan lainnya yang dapat merusak warna velg. Kemudian gunakan sabun khusus dan langsung dikeringkan sehingga tidak menimbulkan bercak atau noda,” terang Dedy di Jakarta, baru -baru ini.

Di samping membersihkan, cara berkendara pun harus diperhatikan. Dedy mencontohkan bila ingin melalui genangan air lebih baik perlambat laju kendaraan.

“Tidak langsung melindas genangan air yang kita tidak tahu apakah genangannya dalam atau tidak yang akan membuat velg menjadi peyang atau rusak karena benturan. Selain itu karena faktor hujan yang lebat hendaklah supaya menjaga jalur yang kita lewati untuk tidak terlalu dekat dengan trotoar supaya bibir pelek tidak tergores trotoar,” pungkas Dedy.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here