Mau Irit BBM, Jangan Sembarang Modifikasi

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Meski harga bahan bakar minyak (BBM) cenderung terus turun, tapi tak ada salahnya jika Anda memahami bagaimana cara untuk mengirit BBM tanpa harus melakukan modifikasi yang tak berguna.

Seorang mekanik dari bengkel Adi Motor 2 di bilangan Jalan Haji Nawi, Jakarta, Selatan, menyarankan Anda untuk tidak melakukan modifikasi mesin sembarangan. Pasalnya, selain hanya akan membuang-buang biaya, hasilnya pun belum tentu membuat mobil irit secara signifikan.

“Jangan pernah mengoprek mesin mobil sembarangan hanya untuk mengejar irit. Karena tak jarang oprek mesin malah bikin rusak dan yang jelas membuang duit,” saran dia.

Ia juga menjelaskan bahwa banyak produk yang dijual di pasaran yang diklaim dapat meningkatkan jarak tempuh alias membuat mesin irit BBM. Ada yang berupa cairan yang dicampurkan dengan BBM dan ada juga berbentuk pil yang dimasukkan langsung ke tangki mobil.

“Jika Anda menggunakan produk-produk tersebut, sempatkan untuk melakukan survei sendiri, yaitu apakah ada pengaruh terhadap konsumsi BBM saat sebelum dan setelah menggunakan produk tersebut. Jika tak ada pengaruh atau pengaruhnya tak signifikan, lebih baik hentikan karena dalam jangka panjang bisa saja malah merusak komponen mesin,” ucapnya.

Menurutnya, cara terbaik agar mesin irit adalah dengan melakukan perawatan mesin secara rutin dengan mengganti oli mesin dan transmisi sesuai jadwal. Kemudian juga selalu memeriksa tekanan ban dan membersihkan sistem saluran bahan bakar secara rutin saat servis kendaraan di bengkel.

“Mengurangi barang bawaan yang tak perlu dan mengemudi tak ugal-ugalan serta menyempatkan mengaktifkan cruise control jika ada, juga dapat menghemat bahan bakar,” kata pria berkacamata ini.

Nah, Mobilmania masih mau mengoprek mobil kesayangan Anda sembarangan? Yuk, lebih baik merawat tunggangan kita secara rutin dan berkala. [yog]

TAG

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here