4 Kesalahan Mendasar Saat Beli Mobil

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Rencana membeli mobil baru bagi sebagian besar orang adalah sesuatu yang dinantikan. Tapi euforia berlebihan bisa memicu kesalahan. Apa saja?

Menurut Edmunds.com, ada empat kesalahan fatal yang kerap dilakukan calon pembeli mobil dan juga bagaimana cara untuk menghindari kesalahan tersebut, yaitu:

1. Tak mampu evaluasi anggaran dan keuangan pribadi
Sebelum menghubungi diler, Anda harus melihat keuangan dulu. Pastikan dana cukup untuk membayar uang muka berikut cicilan per bulan, asuransi, dan biaya perawatan jika Anda memilih untuk membeli secara kredit. Juga jika Anda membeli secara tunai, pastikan tiap bulan disiapkan untuk biaya bahan bakar dan perawatan. Jangan terlalu mengikuti saran tenaga penjual, tapi lebih melihat kekuatan keuangan Anda, selain jangan terlalu bernafsu untuk membeli model tertentu, sementara dana tak mencukupi.

Sementara jika Anda berniat untuk melakukan tukar tambah dengan mobil lama Anda, ketahui dulu harga pasar mobil lama Anda sebelum berkunjung ke showroom mobkas. Sama seperti jika Anda ingin mengajukan kredit, upayakan untuk menyesuaikan dana hasil penjualan mobil lama dengan sisa yang harus dibayarkan, baik kredit maupun tunai.

2. Mengbaikan perbandingan harga dan spesifikasi via internet
Ada beragam laman untuk transaksi jual beli mobil, salah satunya Rajamobil.com. Saat Anda mengunjungi laman web jual beli mobil, pastikan mengetahui dan memahami mobil yang akan dibeli. Disarankan Anda untuk mencetak detail yang meliputi harga, spesifikasi, tahun pembuatan dan sebagainya, untuk nanti dibawa ke diler sebagai acuan.

3. Jangan langsung kepincut
Ketika suatu saat Anda berkunjung ke sebuah showroom mobil bekas, jangan langsung jatuh hati saat melihat ada mobil yang kondisinya bagus dan sesuai dengan yang Anda harapkan. Lebih baik Anda cermati mobil tersebut dari segala aspek, termasuk harga dan sistem pembayaran. Setelah itu bikin janji untuk datang lagi di lain waktu. Saat itu Anda harus membandingkan dulu dengan model yang sama di showroom lain. Ini lebih baik bagi Anda untuk mendapatkan harga yang pantas dan kondisi yang bagus. Pasalnya, ada mobil yang secara fisik terlihat bagus, tapi kondisi mesin atau riwayat perawatannya tak jelas.

4. Jangan terlalu percaya rayuan penjual
Tenaga penjual akan selalu merayu calon pembeli agar dagangan mereka laku. Bagi calon pembeli yang terbuai dengan rayuan itu biasanya akan langsung transaksi. Untuk menghindari agar Anda tidak rugi dan menyesal di kemudian hari, siapkan diri Anda dengan berbagai pertimbangan dan perbandingan sebelum berkunjung ke diler, seperti bunga kredit dari lembaga pembiayaan, premi asuransi.

Tanyakan dengan detail kepada tenaga penjual soal cicilan dan juga premi asuransi yang mereka tawarkan. Jika mereka tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, Anda bisa memilih lembaga pembiayaan dan perusahaan asuransi yang menjadi acuan Anda.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here