Libur Panjang, Yuk Perhatikan Hal Ini Saat Perjalanan Jauh

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Akhir pekan depan adalah waktu yang dinantikan banyak orang untuk menjalani libur panjang. Jika Anda termasuk di dalamnya, berikut adalah yang perlu Anda siapkan.

Bila Anda ingin berlibur menggunakan mobil, Anda harus melakukan persiapan lebih detail agar Anda bersama keluarga terhindar dari situasi yang tak terduga di jalan, seperti kemacetan parah dan kejadian lainnya.

Untuk perjalanan jauh, selain mengecek kondisi kendaraan seperti oli mesin, aki, dan tekanan ban. Anda harus mengantisipasi kemungkinan waktu tempuh bertambah sehari atau dua hari akibat kemacetan yang biasa terjadi saat musim libur panjang. Seperti dilansir cntraveler.com, selain menyiapkan segala peralatan sebagai antisipasi kendaraan mengalami masalah di jalan, Anda juga harus menyiapkan berbagai peralatan dan perbekalan yang cukup untuk sekeluarga.

Di tengah kondisi lalu lintas yang semakin padat seperti saat ini, kemacetan seperti sudah menjadi menu harian, termasuk di jalan tol, baik tol dalam kota maupun tol luar kota di perbatasan antar kota. Jika volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan, maka kemacetan parah tak akan dapat dihindari. Kondisi ini bakal membuat ratusan mobil akan terjebak di tengah kemacetan, bahkan tak sedikit yang harus menginap di jalan karena mobil tak bisa bergerak.

GPS adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam situasi seperti itu, karena dengan bantuan alat ini Anda dapat mengestimasi waktu tempuh dan memilih jalan alternatif dengan panduan satelit. Hanya saja, Anda juga perlu menyiapkan peta konvensional untuk berjaga-jaga apabila GPS bermasalah atau data tidak up-to-date.

Selain GPS, Anda sekeluarga juga harus menyiapkan ponsel (sebaiknya ponsel pintar) sehingga bisa menggunakan aplikasi peta atau GPS. Tapi kalau bisa Anda dan beberapa anggota keluarga memiliki kartu SIM yang dirilis oleh beberapa operator berbeda. Hal ini penting bila sinyal dari salah satu SIM dari operator tertentu mengalami masalah koneksi.

Jangan lupa pula untuk menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, seperti SIM, STNK, kartu asuransi (kesehatan/jiwa) dan asuransi kendaraan untuk berjaga-jaga jika dalam perjalanan mengalami hal yang tidak diinginkan. Daftar alamat bengkel di sepanjang jalur perjalanan juga harus Anda catat.

Dan yang perlu juga Anda siapkan dalam perjalanan panjang adalah uang tunai yang cukup, karena bila hanya mengandalkan kartu ATM, bisa saja Anda tak menemukan gerai ATM yang sesuai dengan kartu Anda. Atau Anda harus melewati jalan alternatif di pelosok desa yang tak ditemukan gerai ATM atau bank, padahal saat bermacet-macet pasti akan banyak pengeluaran untuk berbagai keperluan.

Nah, mulai dari sekarang, persiapkanlah dengan matang berbagai keperluan Anda untuk mengarungi perjalanan panjang sehingga Anda terhindar dari masalah yang dapat mengganggu kenyamanan Anda bersama keluarga. Selamat berlibur!. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here