Pahami Arti Nyala dan Kedipan Lampu Indikator

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mobil itu ibaratnya tubuh kita, yang akan memberikan sinyal bila ada masalah. Mengenali gejala penyakit lebih awal akan baik daripada mengobati.

Pada mobil, komputer akan memonitor beragam sensor dan fungsi mesin. Jika terjadi sesuatu masalah, komputer akan menyimpan kode masalah dan dielaborasi melalui kedipan atau nyala lampu indikator yang terletak di spidometer.

Saat ini, untuk mobil modern, ada ratusan kode yang mengindikasikan masalah teknis dan semua itu akan terjemahkan hanya melalui satu lampu indikator. “Jadi jika Anda mendapati lampu indikator menyala atau berkedip, Anda tidak bisa menduga kesalahannya di mana. Untuk itu, segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan diagnosis,” kata seorang montir kawakan di sebuah bengkel di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Mekanik yang tidak bersedia disebutkan identitasnya itu memberikan beberapa tips terkait dengan nyala dan kedipan lampu indikator pada mobil yang mengindikasikan adanya masalah teknis.

Gejala yang pertama adalah Check Engine Light atau lampu indikator menyala berkedip-kedip. Jika lampu indikator ini berkedip-kedip, itu artinya ada masalah yang harus segera diperbaiki dan berpotensi merusak. Untuk kondisi ini, Anda jangan mengemudi dalam kecepatan tinggi di jalan tol atau jalan bebas hambatan. Juga jangan menderek kendaraan lain atau membawa muatan berat.

“Langkah terbaik adalah segera membawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel terkemuka,” katanya.

Kemudian, jika Check Engine Light menyala tanpa kedip, itu menandakan masalahnya tidak terlalu serius. Itu artinya Anda bisa membawa mobil ke bengkel tidak sesegera mungkin, bisa sehari hingga beberapa hari ke depan.

Ia mencontohkan, untuk kasus lampu indikator menyala tanpa kedip bisa saja karena tutup tangki bahan bakar tidak tertutup rapat. Setelah tutup itu dikencangkan, komputer akan menyimpan masalah itu dalam beberapa hari dan setelah itu lampu akan mati.

Sementara itu, ketika Anda membawa mobil ke bengkel untuk diagnosis Check Engine Light, teknisi akan memulihkan kembali kode dari komputer mobil Anda. Kode masalah itu akan menyebutkan sistem mana yang bermasalah, dan dari sana si teknisi akan dapat melokalisasi titik masalahnya dan kemudian dilakukan perbaikan.

Nah, dari sini Anda sekarang bisa mengantisipasi bila di jalan mendapati lampu indikator berkedip atau menyala, dan jangan pernah mengabaikan gejala yang muncul agar kerusakan mobil kesayangan Anda tak sampai terjadi. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here