Ini Beda Suku Cadang Genuine Part dan Value Part Daihatsu

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kebutuhan suku cadang kendaraan di Indonesia saat ini cukup terbilang tinggi, bahkan tak jarang penggunaan suku cadang palsu kini juga kerap beredar di pasaran dengan harga murah.

Hal inilah yang mendasari beberapa pabrikan mobil turut melakukan berbagai inovasi guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggannya.

Seperti yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang baru saja meluncurkan suku cadang murah bagi mobil buatannya. Jika dibandingkan genuine part yang juga merupakan spare part resmi Daihatsu, Value Part dijual lebih murah namun memiliki kualitas yang sama.

“Harga yang kita jual pada Value Part itu sekitar 70 persen dari harga genuine part yang mencapai 100 persen. Namun untuk durability kita buat dengan baik hingga mencapai 80 persen sedangkan genuine part kualitasnya 100 persen,” terang Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di Jakarta, Selasa (10/5).

Lebih lanjut Amelia menyatakan, meskipun dijual dengan harga murah, namun kualitas dan kemampuan dari Value Part telah diuji dan memiliki ketahanan hampir sama dengan genuine part.

“Proses buatnya kami bikin efisien. Durability kita buat 80 persen. Kami menyadari kompetisi di genuine part imitasi dengan durability lebih jelek. Maka kami turunkan durability namun dengan fungsi tetap 100 persen,” tambahnya,” tambah wanita yang akrab disapa Amel tersebut.

Sementara itu, Ahmad Syaufi, Servise Part Division Head ADM memberikan contoh terkait perbedaan harga antara Value Part dan genuine part.

“Ada beberapa part yang memiliki beda harga 10 sampai 70 persen. Untuk yang 70 persen misalnya child part. Actuator Idle Speed Control Granmax dan Ayla pada genuine part yang dijual Rp1,05 juta, untuk Value Partnya kami jual hanya Rp315 ribu, bedanya mencapai Rp735 ribu, bedanya sekitar 70 persen lebih murah,” terang Syaufi. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here