Ini yang Harus Dilakukan Pada Mobil Usai Mudik

thewirecutter

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sama seperti ketika hendak melakukan perjalanan jauh, seperti mudik saat Lebaran, mobil juga perlu diperiksa lagi setelah kembali ke rumah masing-masing. Apa saja yang perlu diperiksa?

Tekanan angin pada semua ban mobil perlu dicek ulang. Sebenarnya langkah ini harus dilakukan sebelum Anda kembali ke rumah setelah melakukan perjalanan jauh. Tapi jika itu belum dilakukan, setelah kembali ke rumah juga perlu untuk memeriksa kembali tekanan ban. Ini perlu, karena setelah perjalanan jauh pasti tekanan ban berkurang, dan tekanan normal akan membuat ban mobil Anda tetap awet dan tak membuat mobil boros bahan bakar.

Setelah memeriksa tekanan ban, hal lain yang juga perlu diperiksa lagi adalah seluruh cairan, seperti oli mesin, minyak rem, oli power steering (jika masih memakai oli), cairan pendingin radiator dan juga cairan pencuci kaca (washer) serta oli transmisi. Perjalanan panjang telah membuat seluruh sistem dan peranti mobil bekerja optial, atau bahkan melebihi kapasitas semestinya.

“Untuk itu perlu untuk memeriksa kembali kesehatan mobil setiba di rumah setelah melalui perjalanan panjang,” kata mekanik di pusat onderdil di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Menurut dia, jika ketinggian cairan sudah terlalu rendah, sebaiknya ganti dengan cairan yang baru. Sementara untuk ketinggian minyak rem yang turun terlalu dalam, sebaiknya Anda memeriksakan peranti rem ke bengkel untuk mengantisipasi jika ada kebocoran.

Sedangkan untuk oli mesin, periksa kembali ketinggian oli dan segera tambahkan jika sudah rendah. Bila belum waktunya ganti oli, tapi ketinggian oli sudah terlalu rendah, ada indikasi terjadi kebocoran gasket.

“Kalau ketinggian oli sudah terlalu turun, periksa ke bengkel barangkali ada kebocoran. Ada baiknya Anda mengganti oli meski sebenarnya belum waktunya ganti, karena perjalanan panjang telah membuat kekentalan oli berkurang untuk melumasi mesin,” katanya.

Ia juga mengingatkan untuk mencuci mobil dulu hingga bersih sebelum membawanya ke bengkel untuk diperiksa. Karena mobil yang bersih, terutama kompartemen mesin dan kolong, akan memudahkan pemeriksaan jika kemungkinan ada kebocoran oli dan cairan lainnya.

“Perhatikan jika ada tetesan atau rembesan cairan di kolong mobil, karena bisa ada masalah pada suspensi, transmisi, as roda atau baut-baut longgar,” sarannya.

Jika semua pemeriksaan telah dilakukan, cuci kembali mobil dan bersihkan interior dengan vacuum cleaner sehingga mobil kembali segar. Menurut dia, setelah melakukan perjalanan panjang, hal yang paling sering terjadi adalah menempelnya aspal atau cairan lain pada bagian bawah pintu depan yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, gunakan wax sehingga permukaan bodi mobil kembali bersih dan mengkilap. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here