6 Langkah Hindari Jamur Pada Kaca Kendaaraan Saat Perubahan Musim

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Perubahan cuaca kerap mengundang beberapa masalah pada bagian eksterior kendaraan, khususnya pada bagian kaca. Menumpuknya kotoran dalam waktu yang lama, atau endapan air yang mengering akibat perubahan cuaca dapat menyebabkan jamur pada kaca. Hal tesebut dapat mengganggu jarak pandang.

Untuk menghindari jamur pada kaca kendaraan, sebaiknya para pemilik kendaraan melakukan pembersihan eksterior kendaraan secara berkala khususnya pada bagian kaca. Jika sudah terjadi jamur pada kaca, para pemilik kendaraan dapat melakukan pembersihan dengan beberapa alat yang harus disiapkan antara lain; kuas halus, kain chamois, lap kain katun dan obat anti-jamur yang bisa dibeli di pasaran.

Dikutip dari pressroom Toyot, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan yaitu:

  1. Agar proses pembersihan jamur di kaca optimal, parkir mobil di tempat teduh dan bebas debu. Jangan dibawah pohon karena bisa menganggu proses pembersihan bila ada daun atau ranting yang jatuh ke mobil.
  2. Pembersihan jamur kaca lebih optimal usai mobil dicuci dan dikeringkan. Pagi hari adalah waktu yang bagus untuk mengerjakannya.
  3. Campurkan obat jamur kaca dengan air secukupnya. Lalu oleskan obat jamur kaca dengan kuas. Tidak perlu ditekan, cukup sapu merata. Pastikan ujung kuas tidak terlalu basah agar percikan kuas tidak menodai bodi mobil.
  4. Setelah obat dioles merata, lap dan gosok secara perlahan dengan kain halus. Bisa dengan gerakan memutar atau searah.
  5. Langkah selanjutnya bersihkan dengan kain chamois dan keringkan pakai kain halus. Tekan perlahan secara merata di seluruh permukaan. Pastikan tidak ada yang tersisa karena obat jamur bisa meninggalkan noda di kaca.
  6. Perhatikan permukaan kaca, bila masih ada jamur, ulangi proses diatas sampai jamur benar-benar hilang. Lakukan perawatan ini minimal 6 bulan sekali.

Di pasaran sudah banyak yang menawarkan cairan atau obat untuk menghilangkan jamur kaca. Namun harus berhati-hati karena salah beli, cairan itu justru bisa merusak kaca, lis kaca atau cat mobil ketika sedang proses pembersihan. Bila melakukan prosedur yang benar dan menggunakan obat yang tepat, jamur kaca bisa dhilangkan.

 

 

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here