RAJAMOBIL.COM – Ketika kita mengemudikan kendaraan, pasti sering melewati jalur yang lurus, berkelok, tanjakan, bahkan hingga turunan.

Pilihan pengemudi saat meluncur melewati turunan, biasanya antara mematikan mesin, menghidupkan mesin namun gear pada posisi netral, atau menyalakan mesin dan gear tetap berada di posisi terhubung dan tetap menahan kopling. Manakah yang paling sering kita lakukan?

Terkait untuk urusan mengemudi, semua pasti tergantung bagaimana kebiasaan masing-masing pengendara ketika melakukannya.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika pengemudi mengambil langkah saat harus meluncur melewati jalan menurun.

Mematikan mesin

Kondisi seperti ini biasanya dilakukan oleh pengemudi untuk menghemat bahan bakar. Tapi pilihan ini bisa dilakukan jika memang kita benar-benar sudah hafal dengan kondisi jalan yang dilalui. Artinya kita mengetahui kapan harus menginjak rem, tahu kapan harus belok dan menghindari lubang, dan lain sebagainya.

Jika kita merasa sudah mengenal dengan baik jalur yang dilewati, maka sebaiknya jangan mematikan mesin saat melewati jalan menurun, meskipun jalanan tersebut tampak sepi dan mulus. Karena hal tersebut bisa sangat berbahaya dan bisa membuat rem overheated, sedangkan pengiritan bahan bakar yang diharapkan tidak tercapai secara signifikan.

Tetap menyalakan mesin, dan posisi gear ada pada netral

Banyak pengemudi yang menyalakan mesin dan membiarkannya idle tapi posisi gear ada pada posisi netral. Hal tersebut menurut mereka juga bisa menghemat bahan bakar.

Tapi ini juga bisa membuat rem bekerja ekstra keras menahan beban kendaraan. Hanya saja akan lebih mudah untuk mengantisipasi dan menyesuaikan kendaraan ketika tiba-tiba perlu engine brake atau berakselerasi menjaga momentum, dibanding harus mematikan mesin.

Mesin hidup, gear terhubung, dan kopling di tekan

Cara seperti ini bisa dikatakan lebih aman karena pengemudi selalu siap dengan kondisi lain yang mungkin terjadi, misalnya ketika tiba-tiba harus berakselerasi atau ketika harus menikung tajam.

Bantuan engine brake dapat membuat kendaraan lebih mudah di kendalikan dan juga tidak terlalu menindas rem.

Jadi yang perlu di perhatikan ketika pengemudi melewati jalanan menurun dengan metode ini adalah kondisi kampas kopling yang mungkin saja akan tetap bergesekan bila tidak di setting dengan benar.

Semua tips diatas bisa kita lakukan melalui kondisi jalanan yang menurun, namun pastikan semuanya paham dengan kondisi jalanan dan kendaraan.

Ketika meluncur, semakin jauh jarak jalan menurun maka kecepatan kendaraan pun akan semakin tinggi.

Berat kendaraan dan banyaknya penumpang serta barang bawaan bisa mempengaruhi kecepatan kendaraan ketika meluncur, jadi tetap berhati-hati.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here