RAJAMOBIL.COM – Hujan deras yang mengguyur sebagian daerah di Ibu Kota menjadikan beberapa titik lokasi mengalami kondisi jalan yang banjir.

Saat kondisi banjir tersebut, menyebabkan kekhawatiran bagi para pengendara roda dua maupun roda empat agar kendaraan mereka tidak mengalami kerusakan saat harus menerobos daerah genangan banjir.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengendara saat melintasi genangan banjir, diantaranya jangan ngebut. Karena hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin lantaran masuknya air.

Lantas bagaimana cara menyikapinya?

Cukup gunakan gigi 1 saat kita melewati genangan banjir, dan kemudikan mobil secara perlahan. Jangan menginjak gas terlalu dalam, apalagi jika ditambah dengan menginjak setengah kopling, dengan alasan agar air tidak masuk ke dalam knalpot.

Pengendara diharuskan untuk memperhatikan posisi intake kendaraan. Jika intake berada di posisi tinggi, maka tidak perlu khawatir. Tetap jalankan kendaraan secara perlahan. Tapi jika intake berada di bawah, maka pengendara harus berhati-hati karena semakin kencang di gas, maka mobil akan menarik udara semakin kencang.

Perhatikan juga kondisi rem. Karena sering kali apabila kita melewati area banjir, rem terasa blong. Hal tersebut dikarenakan mekanisme rem yang basah dan licin.

Saat hal itu terjadi, pengendara harus menginjak rem berkali-kali sampai normal kembali. Dan pada saat sudah keluar dari area banjir, sebaiknya rem di cek sebelum melanjutkan perjalanan dengan kecepatan normal.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here