RAJAMOBIL.COM – Salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan saat berkendara menggunakan mobil adalah bagian rem, yaitu kampas rem.

Kampas rem mobil merupakan salah satu hal penting yang harus selalu di perhatikan. Karena selain harus menjaga kualitasnya, kampas rem mobil juga harus di perhatikan usia dan daya tahannya, yang sewaktu-waktu bisa habis dan sangat membahayakan pengemudi karena akan mengakibatkan rem blong.

Selain itu, kampas rem yang kosong juga bisa menimbulkan kerusakan pada komponen rem yang lain, seperti piringan cakram rem.

Kita dapat mengetahui dengan mudah apakah kampas rem tersebut sudah kosong atau belum, dengan cara saat melakukan pengereman akan mulai merasakan pijakan rem mobil yang sudah semakin dalam dan menjauh dibandingkan biasanya.

Kampas rem yang mulai terkikis akan menimbulkan getaran pada rem ketika kita mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan pengereman.

Getaran tersebut umumnya terjadi karena kampas rem yang sudah mulai habis memiliki permukaan tidak rata, sehingga saat mencengkeram piringan cakram rem menjadi tidak sempurna dan hal inilah yang kemudian menimbulkan getaran pada rem.

Kampas rem yang sudah mulai habis, akan menimbulkan suara seperti gesekan logam saat melakukan pengereman. Hal ini terjadi karena kampas rem yang habis hanya menyisakan bagian besinya. Kampas rem yang habis juga bisa terdeteksi dari minyak rem yang turun namun bukan karena kebocoran.

Jika gejala-gejala di atas sedang kita alami, maka segeralah melakukan pengecekkan pada kampas rem mobil di bengkel yang terpercaya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here