RAJAMOBIL.COM – Bagi yang ingin mudik ke kampung halaman dan meninggalkan mobil di rumah, maka harus antisipatif dengan baik agar mobil yang lama tidak digunakan tetap terawat dan dapat langsung digunakan dengan baik nantinya.

Berikut ini tips meninggalkan mobil di rumah saat mudik :

Cabut kabel aki

Ilustrasi / lepas kabel aki saat mobil akan lama tidak terpakai

Cabut kabel aki dan simpan di tempat aman. Cara ini sangat disarankan apabila ingin meninggalkan mobil di rumah dan tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk memanaskan mesin mobil. Kabel aki yang terus terpasang, dapat memicu aki cepat rusak. Alhasil saat mobil akan digunakan, sistem listriknya terganggu dan mobil tidak bisa dijalankan.

Tidak menggunakan rem tangan saat parkir

Ilustrasi / jangan tarik tuas rem saat parkir

Jangan menggunakan rem tangan saat parkir di garasi. Sebagai gantinya, apabila garasi memiliki tingkat kemiringan yang cukup besar gunakan balok kayu, batu bata, atau batu di depan dan belakang roda belakang untuk mengganjal. Cara tersebut tentunya akan menghindari kemungkinan mobil tergelincir sekaligus menghindari konsentrasi beban hanya pada dua roda yang diganjal. Dengan mengganjal keempat roda maka beban yang harus ditahan roda juga terdistribusi merata.

Ban tidak menempel lantai saat parkir

Ilustrasi / usahakan ban tidak menempel langsung dengan lantai

Posisikan semua ban tidak menempel lantai, bisa dengan menggunakan dongkrak dan stand jack supaya suspensi dan kondisi ban mobil tetap terjaga dan tidak terbebani berat kendaraan. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama dapat membuat ban kempes, sehingga karet ban dapat rusak dan berubah bentuk karena menahan beban mobil pada kondisi kempes. Selain menjaga bentuk ban, juga untuk menjaga suspensi mobil agar tetap berfungsi dengan baik dan nyaman saat dikendarai.

Cuci dan panasi mobil

Ilustrasi / cuci dan panaskan mobil anda

Sebelum meninggalkan mobil di rumah, cuci dan panasi kembali mesin mobil, sehingga segala kotoran akan hilang. Dan setelah di cuci, jangan lupa untuk memanaskan mesinnya, agar seluruh komponen di dalam mobil bisa terlumasi sebelum mobil beristirahat beberapa pekan atau bulan. Selain itu, dengan memanaskan mesin juga akan mengurangi tingkat kelembapan di dalam mesin. Cara itu juga sekaligus mengurangi risiko oli cepat busuk karena kontaminasi antara unsur uap air dan udara yang ada di ruang mesin.

Ganjal wiper dengan busa

Ilustrasi / ganjal wiper mobil anda

Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi bila tidak dilakukan, akan membuat penyaput air hujan di kaca mobil itu rusak. Namun apabila membiarkan wiper tetap menempel pada kaca, kemungkinan mengeras, aus, atau getas, sangat besar. Pasalnya, udara di garasi yang tidak dibuka selama bepergian kemungkinan besar panas. Radiasi suhu itulah yang akan diserap wiper dan akibatnya karet wiper mengeras atau aus.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here