RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Memerikasa kondisi mobil sebelum berkendara amatlah penting. Sebab, hal ini menyangkut keselamatan saat berkendara. Biasanya, pengendara hanya mengecek di bagian oli, air radiator, air wiper, dan bensin saja. Tidak sampai mengencek kondisi ban, dimana kulit bundar ini juga menjadi faktor penting dalam kenyamanan berkendara.

Mengecek kondisi ban sangat penting dan harus dilakukan, tidak hanya melihat tekanan angin didalamnya, tetapi juga mengecek ‘rambut’ ban, serta melihat secara fisik apakah ada benjolan atau tidak.

Langkah Mudah Merawat Ban Mobil Anda

Nah, ada satu hal lagi yang sering luput diperhatikan oleh para pengendara mobil. Hal tersebut adalah mengganti posisi ban mobil.

Dilansir dari CarandDriver, mengganti posisi ban mobil harus dilakukan agar keempat ban yang digunakan memiliki umur panjang serta mengurangi keausan pada posisi ban tertentu. Penggantian posisi ban pun mengikuti sistem berkendara mobil, dimana all wheel drive memiliki perbedaan porsi beban dengan rear wheel drive.

Perlu diketahui bahwa cara penggantian ini hanya bisa dilakukan dengan catatan. Yaitu, ban berukuran sama di empat sisi, lalu tidak ‘unidirectional’ atau ban hanya bisa bergerak ke satu sisi saja untuk hasil sempurna.

Penggerak Roda Depan

Cara mengganti posisi ban pada mobil dengan penggerak roda depan ini cukup mudah. Ban yang berada di depan dipindah ke belakang dengan posisi yang sama (kanan depan jadi kanan belakang), lalu ban belakang dipindah ke posisi yang berlawanan (kanan belakang jadi kiri depan).

Langkah Mudah Merawat Ban Mobil Anda

Penggerak Roda Belakang

Cara penggantiannya sama dengan penggerak roda depan, dimana ban belakang dipindah ke depan dengan posisi yang sama, lalu ban depan diubah posisi di bagian belakang (kanan depan menjadi kiri belakang, kiri depan menjadi kanan belakang).  

Penggerak Roda All Wheel Drive

Karena mobil dengan sistem ini menggunakan semua ban untuk sistem penggerak, maka cara penggantian posisinya adalah dengan langsung mengganti semua posisinya. Ban depan kanan ke belakang kiri, ban depan kiri dipindah ke belakang kanan, ban belakang kiri ke depan kanan, dan ban belakang kanan ke depan kiri.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here