RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Wiper berfungsi untuk menyingkirkan sesuatu yang menempel pada kaca depan mobil. Hal ini bertujuan untuk membantu pandangan pengemudi saat berkendara. Namun, kini kebanyakan mobil, wiper tidak hanya ada dibagian depan, ada juga dibagian belakang.

Lantas apa kegunaannya wiper belakang mobil?

Penyeka kaca atau dalam bahasa Inggris disebut windscreen wiper adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil, kereta api, kapal laut, dan lain sebagainya. Wiper bisa digunakan ketika hujan turun atau bila ada debu, lumpur, atau benda lain yang mengotori kaca mobil. Umumnya wiper terdapat di bagian kaca depan, akan tetapi banyak juga kendaraan yang menyematkan wiper di kaca belakang.

Keberadaan wiper belakang saat ini terasa berguna demi kelangsungan berkendara, pasalnya para pegemudi cenderung memanfaatkan kaca spion untuk melihat kondisi belakang mobil, khusunya pada waktu hujan maupun berkabut. Berarti untuk memahami kondisi di belakang mobil tentunya amat penting, dan di situlah peran wiper belakang bekerja.

Tidak hanya itu, Anda pun wajib memastikan kinerja wiper belakang berfungsi dengan baik dan benar. Caranya, periksalah pergerakan wiper terlebih dahulu sebelum Anda mulai berkendara, jangan sampai macet dan timbul suara berdecit, karena pada akhirannya menyebabkan kaca mobil menjadi baret.

Fungsi pada wiper belakang memang tak bisa diabaikan begitu saja, karena kecelakaan beruntun kerap terjadi ketika Anda melakukan pengereman mendadak dan mengagetkan mobil belakang. Untuk itu pastikan Anda menaruh fokus pada kendaraan depan dan belakang ketika sedang mengemudi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here