Ternyata Inilah Biaya Perawatan Mobil Sigra 5 Tahun Kedepan

Ternyata Inilah Biaya Perawatan Mobil Sigra 5 Tahun Kedepan

Daihatsu Sigra merupakan mobil yang identik dengan keramahan terhadap lingkungan. Bahkan untuk banderol harga mobil Sigra baru sendiri tidak terlalu mahal karena termasuk Low Cost Green Car atau LCGC. Ternyata biaya perawatan mobil Sigra juga cukup terjangkau.

Sigra memang mobil yang bermain pada jenis segmen low MPV. Tentunya memiliki banyak saingan dari berbagai pabrikan roda empat lainnya. Namun, semua itu tidak menurunkan kualitas dari Sigra yang menjadi idola anak muda milenial.

Perawatan secara berkala mampu meningkatkan performa mobil menjadi lebih bandel. Bahkan nyaman dibawa berkendara kemana saja tanpa perlu khawatir terjadinya gangguan. Selain itu nilai jual mobil kedepannya juga tidak turun jauh karena kualitasnya masih bagus.

Biaya Perawatan Mobil Sigra

Ternyata Inilah Biaya Perawatan Mobil Sigra 5 Tahun Kedepan

Memiliki kendaraan roda empat saja tidaklah cukup jika tidak rajin merawatnya. Sebagai pengguna Daihatsu Sigra agar kinerja mobil selalu bagus dan maksimal Anda perlu melakukan service secara berkala. Apalagi mobil tersebut termasuk jenis LCGC yang sangat bergantung pada kualitas mesin.

Untuk menjaga semua kondisi Sigra maka diperlukan perawatan rutin. Mungkin masih banyak yang penasaran terhadap jumlah biaya perawatan mobil tersebut. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Performa Mesin Mobil Sigra Ini Jadi Referensi Pertimbangan Sebelum Membeli

Sebelum masuk pada pembahasan biaya, ada baiknya mengetahui beberapa komponen yang harus diganti saat melakukan service.

Oli Mobil Sigra

Nah, biaya perawatan mobil Sigra digunakan untuk mengganti oli. Performa mesin akan semakin berkualitas jika olinya rajin diganti. Biasanya pergantian oli dilakukan setelah mobil menempuh perjalanan di angka 1.000 km.

Agar lebih mudah maka Anda bisa memakai jadwal kalender untuk mengganti oli tersebut. Selain itu oli mesin juga bisa diganti setelah menempuh perjalanan 3.000 hingga 5.000 km.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Sigra Terbaru 2021

Satu hal yang perlu diingat adalah memilih spesifikasi oli mesin terbaik yang cocok dengan mobilnya. Kebanyakan orang memakai oli untuk merk mobil lain. Padahal hal tersebut bisa menimbulkan sesuatu yang fatal.

Mobil Sigra memiliki spesifikasi normal OW-20. Kurangi pemakaian oli dengan spesifikasi 5W-30 karena akan mempengaruhi kinerja mesin. Dengan begitu mesin semakin lincah untuk berkendara kemana saja.

Radiator Mobil Sigra

Biaya perawatan mobil Sigra juga digunakan untuk radiator mesin. Ternyata melakukan perawatan terhadap radiator berguna untuk menjauhi mesin agar tetap prima. Usahakan untuk tidak mengisi air radiator dengan keran.

Hal tersebut bisa berisiko menumpuknya oksidasi pada saluran radiator. Ketika terjadi penumpukan maka timbul penyumbatan pada saluran air. Jika sudah begini mesin mudah mengalami overheat.

Biasanya perawatan jangka panjang dari radiator adalah mengurasnya. Tindakan menguras radiator dilakukan setiap 2 hingga tahun pemakaian. Hal ini agar menjaga performa radiator semakin berkualitas.

Akan lebih baik jika Anda mempercayakan pada bengkel asli Daihatsu Sigra. Dengan begitu akan disediakan radiator berkompeten untuk mobil Sigra, Anda tidak akan khawatir dengan segala pelayanan perawatan tersebut.

Filter Udara Mobil Sigra

Kemudian mengetahui biaya perawatan mobil Sigra sangatlah penting. Melonjaknya biaya tersebut digunakan untuk mengganti filter udara. Komponen tersebut sangat penting untuk menjaga kualitas mesin saat berkendara.

Ketika filter udara kotor maka ruang pembakaran akan terganggu. Hal ini menurunkan kinerja mesin secara drastis. Selain itu merawat filter udara mobil sama pentingnya dengan menjaga kualitas oli.

Pada dasarnya harga perawatan mobil ini tidaklah tinggi. Semua tergantung pada kondisi mobil. Sehingga Anda harus bisa mengontrol kemudi setiap menempuh perjalanan baik jauh maupun dekat.

Biasanya saat melakukan service ditempat yang tepat banyak penawaran spesial bagi para klien. Anda bisa gratis oli, minyak rem dan lain sebagainya. Pastikan melakukan service di bengkel milik PT Astra International Daihatsu.

Biaya Service Berkala Mobil Sigra

Daihatsu Sigra hadir dengan pesonanya yang sangat menarik. Tentu banyak hal yang menjadikan mobil tersebut diminati kalangan muda. Salah satunya terkait biaya perawatan mobil Sigra yang sangat terjangkau.

Berikut adalah rincian biaya yang harus Anda keluarkan.

Service 10.000 Km Perjalanan

Biasanya mobil Sigra melakukan servis pertama saat sudah menempuh 10.000 km perjalanan. Dalam hal ini ada beberapa perawatan seperti ganti oli, baterai elektrolit dan packing. Biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih Rp 335.600.

Namun biaya tersebut bisa berubah kapan saja sesuai dengan kondisi mobil, serta setiap wilayah memiliki patokan harga masing-masing. Dengan begitu Anda wajib menyiapkan uang lebih.

Service 20.000 Km Perjalanan

Kemudian service juga dilakukan ketika sudah menempuh perjalanan sebanyak 20.000 km. Dalam hal ini lebih banyak komponen yang memerlukan perawatan. Tak heran bila biaya perawatannya jauh lebih besar dari sebelumnya.

Ketika sudah menempuh perjalanan 20.000 km pihak bengkel akan melakukan perawatan terhadap kesehatan oli, filter oli, baterai elektrolit, brake pad cleaner, dan packing. Sehingga membutuhkan biaya sebesar Rp 407.000.

Service 30.000 Km Perjalanan

Biaya perawatan mobil Sigra tidak semuanya meningkat seiring bertambahnya jarak perjalanan. Ketika sudah 30.000 km perjalanan maka biaya kembali seperti service pertama. Hal tersebut disebabkan oleh perawatan komponen yang sama, yakni oli, baterai elektrolit dan packing.

Service 40.000 Km Perjalanan

Kemudian ada juga servis yang dilakukan ketika 40.000 km perjalanan. Tentu saja akan mengeluarkan biaya yang besar karena banyak perawatan komponen mobil. Dalam hal ini ada perawatan untuk oli, filter oli, baterai elektrolit, air cleaner, saringan udara AC, brake fluid, brake pad cleaner, dan packing.

Biasanya para pengguna mobil harus mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 683.000. Namun, pastikan bahwa bengkel temat Anda service benar-benar menggunakan komponen berkualitas. Jangan sampai mobil Sigra mendapatkan komponen yang tidak sesuai karena berpengaruh terhadap kinerjanya.

Service 50.000 Km Perjalanan

Setelah itu ada juga service mobil Sigra pada 50.000 Km perjalanan. Dalam hal ini biaya perawatan mobil Sigra kembali ringan hanya Rp 335.600. Bagian yang memerlukan perawatan hanya oli, baterai elektronik dan packing.

Service 60.000 Km Perjalanan

Terakhir ada service 60.000 Km perjalanan yang biasanya memakan biaya perawatan cukup besar. Dalam hal ini ada perbaikan oli, filter oli, baterai elektrolit, radiator coolant, brake pad cleaner, dan packing, karena sudah menempuh perjalanan jauh maka biayanya sebesar Rp 862.000. Namun, kembali lagi pada kualitas mobil sesuai penggunaannya.

Namun selebihnya masih banyak biaya perawatan mobil Sigra yang jauh lebih besar, Semua tergantung pada level masing-masing. Ada biaya yang mencapai Rp 1,2 juta karena parahnya kondisi mobil.

Manfaat Melakukan Service Mobil

Ternyata Inilah Biaya Perawatan Mobil Sigra 5 Tahun Kedepan

Berikut ini manfaat dari service rutin yang kita lakukan. Yang ke 3 ternyata menguntungkan jika kita butuh uang saat mendesak.

1. Membantu Menghemat Pengeluaran

Pertama Anda akan mendapat manfaat lebih hemat dengan melakukan perawatan secara berkala. Dalam hal ini kerusakan pada mobil. Selain itu performa mobil juga selalu meningkat seiring berjalannya waktu.

2. Berkendara Menjadi Lebih Aman

Jika melakukan service mobil secara berkala menambah keamanan berkendara Anda semakin terjamin. Pasalnya seluruh komponen bekerja dengan maksimal untuk meningkatkan kenyamanan. Risiko terjadi hal tak terduga semakin kecil karena montir profesional telah memastikan kondisi mobil siap menempuh perjalanan jauh dan dekat ke berbagai medan.

3. Nilai Jual Mobil Lebih Tinggi

Jika Anda berkeinginan untuk upgrade kendaraan baru maka nilai jual mobil Sigra semakin lebih tinggi. Dengan begitu Anda tidak akan merasa rugi terlalu banyak. Calon pemilik baru juga merasa senang mendapatkan kendaraan berkualitas. Anda bisa menjualnya dengan mempertimbangkan biaya perawatan mobil Sigra agar mendapatkan keuntungan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here