Ini Dia, Mesin Jagoan Renault untuk F1 Musim Depan

Renault menjadi tim pertama yang mengenalkan mesin anyar andalan untuk dipacu pada balap Formula 1 musim depan.

Renault Sport F1 sebagai pemasok mesin untuk tim Red Bull dan Caterham ini telah melakukan serangkaian perubahan agar lumbung pacu dimaksud sesuai dengan regulasi anyar yang akan dilansir FIA untuk ajang Formula 1. Peraturan baru tersebut mengatakan bahwa mesin naturally aspirated V8 2,400 cc akan dipensiunkan dan diganti oleh mesin V6 1,600 cc dengan motor listrik untuk mengejar efisiensi dan mereduksi konsumsi bahan bakar.

Mesin anyar direct ijection berkapasitas 1,600 cc ini mengusung fitur single turbocharger dan single exhaust outlet dengan rev limit 15,000 rom atau 3,000 rpm lebih rendah dibanding mesin V8 yang ada saat ini namun sanggup menggelontorkan tenaga puncak hingga 600 hp. Dan jika dibandingkan dengan mobil dengan KERS yang bertarung musim ini, Energy Recovery System yang ada di mesin 2014 diklaim punya tenaga dan performa 10 kali lebih besar.

Renault sendiri mulai membangun mesin baru sejak dua tahun silam. Awalnya mereka mengembangkan mesin dengan silinder tunggal sebelum mengembangkan ERS dan mulai melakukan dyno test pada mesin utuh di bulan ini. Sementara untuk uji coba di sirkuit diharapkan bisa dilakukan pada Januari tahun depan sebelum mendebut di Kejuaraan Dunia Formula Satu yang dihelat Maret mendatang.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?