KIA All New Sportage EX A/T: Sporty But Elegance Look

  1. KIA Mobil Indonesia (KMI) tampaknya belum cukup puas dengan hasil yang telah ditorehkan line up andalannya di kelas SUV yakni KIA Sportage. Hal ini pun menjadikan KMI merasa membutuhkan varian pelengkap untuk melengkapi varian SUV mereka dengan meluncurkan keluarga KIA Sportage, yaitu All New KIA Sportage EX.

“Mobil ini akan masuk ke segmen diantara All New KIA Sportage Platinum dan All New KIA Sportage LX yang selama ini kosong,” ungkap Hartanto Sukmono, Marketing Direktur PT. KIA Mobil Indonesia.

Kehadiran varian compact SUV asal Korea yang satu ini di Indonesia sejak Mei 2011, dapat disebut cukup “menggigit” di segmennya. Ya, Kia Sportage. Jika mengacu pada data Gaikindo 2 bulan pertama 2013, penjualan Kia Sportage cukup mampu menyaingi Nissan X-Trail atau bahkan melewati penjualan Suzuki Grand Vitara.

Berbicara desain eksterior mobil Korea, dahulu identik dengan model yang kaku dan cenderung monoton. Sekitar tahun 2010, banyak produsen mobil Korea termasuk KIA mulai menerapkan desain futuristik yang mulai bekiblat pada Eropa. Hal ini sepertinya juga dipengaruhi oleh keberadaan Peter Schreyer, mantan designer Audi, yang selama beberapa waktu ini berada di balik desain sejumlah model-model pabrikan mobil Korea tersebut.

Untuk diketahui, KIA All New Sportage EX merupakan varian pelengkap selain tipe Platinum dan LX. Kini KIA All New Sportage hadir empat trim level, yakni All New Sportage LX transmisi manual (M/T), All New Sportage LX transmisi automatic (A/T), All New Sportage EX A/T, dan All New Sportage Platinum A/T.

Lalu apakah ada bedanya antara All New Sportage terdahulu dan All New Sportage EX? Jelas ada! RajaMobil.com menemukannya saat diberikan kesempatan oleh KMI mencicipi KIA All New Sportage EX A/T beberapa waktu lalu.

Jika melihat sisi eksterior, All New KIA Sportage EX memang tidak memiliki perbedaan dengan kakak-kakaknya. Grill yang terinspirasi dari wajah macan masih mendominasi bagian depan yang sangar pada mobil SUV asal Korea ini. Kesan kokoh juga hadir dari bagian samping All New KIA Sportage EX berkat guratan bodi yang menambah kesan sporty.

Untuk SUV ini pun sepertinya tidak akan kalah bersaing dengan rival-rival di kelasnya, berkat desain lampu menyipit yang juga telah mengaplikasi LED daytime running lights. Tidak saja mendukung tampang agresif mobil ini, desain yang sangat futuristik tersebut sekiranya akan tetap trendy untuk jangka waktu bertahun-tahun ke depan.

Sedangkan lampu belakang dengan latar belakang merah sebagai lampu rem didalamnya terdapat garis tegas yang berfungsi sebagai lampu sein dan mundur. Di bagian samping, lampu sein pada spion menambah keamanan saat hendak berganti jalur atau berbelok.

Tak hanya kesan macho, tapi nuansa elegan pun terasa dengan adanya krom pada garis yang melingkari grill serta handle door. Secara keseluruhan, tampilan luar All New Sportage EX mencerminkan produk Eropa.

Saat masuk ke dalam kabin, mobil ini mempunyai tinggi yang lumayan dan kap mesin mobil tidak terlihat saat pandangan kedepan. Dibalik kemudi, jok dengan ukuran yang cukup lebar membuat pengemudi nyaman saat duduk dan mengendarai All New Sportage EX. Khusus untuk pengemudi, KIA memanjakannya dengan sistem elektrik untuk merubah posisi jok, mulai dari memajukan, memundurkan hingga melipat.

Adanya lekukan garis pada dasbor menimbulkan kesan sporty. Dual airbags yang tertanam pada barisan depan membuat rasa aman bertambah. Di samping speedometer terdapat tombol trip dan reset untuk mengatur jarak tempuh pada panel. Tombol ini jarang ditemukan pada produsen mobil Jepang.

Dalam hal kelegaan pun, Sportage dapat memuat 5 penumpang tanpa masalah. Berkat dimensi-dimensi yang lumayan, penumpang belakang dimanjakan dengan ruang kepala dan kaki yang lega. Dan kalau diukur-ukur, Saya malah jadi penasaran apakah mobil ini dapat memuat lebih dari 5.

Dalam hal kenyamanan, SUV ini juga pantas mendapatkan acungan jempol. Interior yang dirancang dan tertata dengan rapi menampilkan kesan awet serta nyaman, dan secara keseluruhan memang mendukung kenyamanan penumpang dalam perjalanan jauh. All New KIA Sportage EX hadir dengan tampilan yang cukup apik. Dashboard tampil cukup sporty dengan dominasi black two-tone. Lingkar kemudi juga menghadirkan audio remote control yang memudahkan pengendara untuk mengatur audio-nya, tanpa harus melepas tangan dari kemudi.

All New Sportage sudah dilengkapi DVD dengan layar sentuh, 6 buah speaker, connector USB dan Aux-in untuk menikmati musik melalui gadget Anda. Pengemudi juga bisa mengontrol head unit pada setir karena KIA memberikan steering wheel remote control.

Sementara untuk mesin, All New KIA Sportage EX masih mengandalkan mesin yang sama dengan kakak-kakaknya yang sudah lebih dahulu hadir. Mesin Theta II 2.0L DOHC Dual CVVT masih dipercayakan menjadi bagian penggerak All New KIA Sportage EX. Mesin tersebut dapat melesakkan tenaga hingga 163 HP dan torsi maksimum 20.1 kg m. Pada All New Sportage bertransmisi otomatis ada dua mode pilihan yakni “D” alias full otomatis atau semi-otomatis dengan menggeser tuas persneling ke kanan.

Performa mesin yang cukup baik ditambah dengan kenyamanan handling. Untuk mobil yang berukuran besar dengan handling ringan pada putaran bawah serta menjadi agak berat saat kecepatan diatas 60 km/jam, membuat pengemudi lebih nyaman baik saat memarkir maupun melaju dengan cepat.

Saat mobil melaju diatas 80 km/jam, suara mesin halus dan tanpa suara dalam kabin. Ini membuktikan bahwa peredam suara didalam kabin milik All New Sportage EX ini hampir menyamai mobil Eropa yang senyap.

Sekedar mengingatkan untuk fitur andalan teranyar dari All New KIA Sportage EX adalah hadirnya Panoramic Sunroof yang sebelumnya hanya ada pada All New KIA Sportage Platinum. Selain itu, All New KIA Sportage EX disematkan dengan fitur hiburan DVD Touch Screen dan 6 buah speaker. Sementara untuk fitur keamanannya, All New KIA Sportage EX menghadirkan Dual Airbag, sensor parking, dan ABS.

All New KIA Sportage EX akan menempati kasta kedua dari jajaran keluarga KIA Sportage. All New KIA Sportage EX yang dibanderol dengan harga Rp. 321 juta on the road Jakarta.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here