Tinggalkan Anak di Mobil Terparkir Picu Heatstroke

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Banyak orang tidak tahu bahwa meninggalkan anak kecil di dalam mobil yang parkir di bawah terik matahari dalam keadaan mesin mati sama dengan mengundang malaikat penjemput nyawa untuk sang buah hati.

Aksi tak bertanggungjawab itu kerap dilakukan para orangtua yang beranggapan bahwa meninggalkan anak di dalam kendaraan sebentar sementara mereka berbelanja atau melakukan hal lainnya, tidak akan berbahaya.

Orangtua meninggalkan anak di dalam mobil biasanya karena sang buah hati sedang tidur sehingga tak tega untuk membangunkannya, atau karena takut merepotkan urusan bila membawa anak.

Padahal berada di dalam kendaraan yang terparkir di bawah terik matahari selama 15 menit sudah cukup untuk mencederai otak atau ginjal. Panasnya kabin juga dapat menyebabkan badan berkeringat, dehidrasi dan sesak napas.

Bila mesin hidup disertai dengan aktifnya penyejuk udara juga dapat mengundang bahaya, terutama bila saluran buang gas bocor sehingga masuk ke celah kabin yang terbuka.

Kondisi ini dapat menyebabkan penumpang menghirup gas beracun dari gas buang kendaraan. Namun bila saluran gas buang dalam kondisi bagus, begitu juga dengan kondisi kabin, hal itu masih memungkinkan.

Berikut ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan buah hati terjamin. Tapi yang perlu dicatat, hindari untuk meninggalkan anak di dalam kendaraan saat parkir di bawah sinar matahari.

1. Biasakan meletakkan barang penting di kursi paling belakang saat parkir. Jadi setiap Anda kembali ke kendaraan, pintu belakang adalah yang pertama dibuka. Ini dapat segera memastikan kondisi putra putri Anda saat kembali ke kendaraan.
2. Pastikan anak Anda mengenakan sabuk pengaman saat ditinggalkan.
3. Letakkan boneka atau mainan di dekat tempat duduk buah hati Anda, atau letakkan di atas dasbor agar Anda ingat bahwa Anda sedang membawa anak.
4. Jika membawa pengasuh, mintalah dia untuk menelepon Anda jika Anda tak segera kembali ke kendaraan sesuai waktu yang dijanjikan.
5. Hindari bertelepon atau ber-SMS saat mengemudi.
6. Seringlah membuka pintu belakang mobil saat parkir untuk memastikan semuanya aman dan tak ada yang tertinggal.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here