Toyota Siapkan Teknologi Parkir Canggih

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Sekitar 30% kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada properti dan mencederai orang lain, sering kali dipicu oleh lokasi parkir sempit, terhalangnya pandangan dan kurang pengalaman.

Untuk mengatasi semua kendala itu, Toyotamenyiapkan sistem anyar dan akan dirilis tahun depan. Teknologi untuk membantu pengemudi merupakan pembaruan dari parking aid systemsyang sudah dikembangkan sebelumnya.

Untuk sistem baru ini, Toyota mengandalkan Intelligence Clearance Sonar (ICS) untuk membimbing pengemudi agar dapat berada di jalurnya saat ingin parkir di lokasi sempit.

Sistem ini, menurut Toyota dalam laman resminya, pada dasarnya adalah mengendalikan kemudi sementara pengemudi bertugas untuk mengatur pedal gas dan rem serta memindahkan gigi. Sistem juga dapat mendeteksi rintangan dan memerintahkan rem untuk beroperasi jika pengemudi tidak menyadari ada halangan tersebut.

Sistem ICS yang diperbarui ini juga memiliki tambahan sensor untuk mendeteksi obyek yang jauh dan juga akan memerintahkan rem beroperasi jika pengemudi salah menginjak, seperti ingin menginjak rem tapi justru gas yang diinjak.

Selain ICS, sistem ini juga ditunjang dengan Panoramic View Monitor, yang akan menayangkan situasi di sekeliling mobil berkat adanya empat kamera yang diletakkan di empat titik yang kerap tak terpantau pengemudi.

Teknologi pembantu pengemudi parkir ini akan disematkan pada sejumlah model Toyota yang diluncurkan pada 2015 dan kemungkinan juga diterapkan pada sejumlah model Lexus.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here