Mobil Otonom Audi A7 Siap Rilis

RAJAMOBIL.COM, Las vegas – Mobil otonom AudiA7 berhasil mencapai kota Las Vegas dari Los Angeles untuk tampil di ajang Consumer Electronics Show 2015. Ini menunjukkan A7 sudah siap untuk dipasarkan.

Total jarak yang ditempuh A7 dari Los Angeles ke Las Vegas adalah 560 mil (901 km), dan meski tak semua dari keseluruhan jarak itu dijalani dengan teknologi otonom, tapi setidaknya mobil ini beberapa kali menggunakan teknologi self drivingsejauh lebih dari 100 mil atau sekitar 160,93 km.

“Hasil ini menunjukkan kompetensi dari teknologi piloted driving kami,” kata Prof Dr Ulrich Hackenberg, dari tim Pengembangan Teknis Audi, seperti dilansir LA Times.

Menurut Hackenberg, A7 dilengkapi seabrek teknologi pintar yang dapat memudahkan tugas pengemudi dan sebagian besar teknologi itu sudah dibenamkan pada sejumlah model Audi yang beredar saat ini.

Itu artinya, beberapa teknologi terkini semacam radar sensor yang dipakai pada sistem adaptive cruise control dan side-assist system, sudah digunakan sebagai teknologi pengemudian otonom. Selain itu, ada teknologi pemindai laser yang diintegrasikan pada gril depan dan bumper belakang, yang tugasnya ‘mengendus’ obyek statis maupun bergerak.

Teknologi pengemudian otomatis juga menggunakan empat unit kamera kecil di depan dan belakang mobil, yang dapat memantau kondisi di sekeliling kendaraan. Sementara keberadaan kamera video 3D wide-angle resolusi tinggi dapat mengobservasi situasi lalu lintas di sekitar kendaraan. Kamera 3D ini akan dicangkokkan pada model produksi dari SUV terbaru Q7.

Audi menegaskan bahwa A7 dapat melaju dari 0 hingga 112 km/jam tanpa intervensi pengemudi. Mobil pintar ini juga dapat berpindah jalur dan mendahului kendaraan lain. Tak hanya itu, mobil juga dapat mengidentifikasi situasi yang tak bisa dilalui untuk kemudian menginformasikannya kepada pengemudi melalui lampu indikator atau lampu peringatan. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here