Menilik Performa KIA Carens dan Honda Freed

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Membahas performa All New KIA Carens dan Honda Freed pastilah terdapat perbedaan. Dari kapasitas mesinnya saja sudah berbeda.

All New KIA Carens memiliki mesin dengan kapasitas lebih besar, yakni 2.000 cc, sementara Honda Freed hadir dengan mesin 1.500 cc. Tidak seperti KIA Carens versi Eropa yang memiliki fiturstart/stop engine, Carens versi Indonesia hanya menggunakan kunci remote biasa, jadi kita tetap harus memutar kunci mobil untuk menghidupkan mesin.

Menggendong mesin NU 2.0 liter DOHC Dual CVVT dengan transmisi otomatis enam percepatan, All New KIA Carens menjanjikan akselerasi mumpuni berkat tenaga yang dihasilkan mencapai 152 PS pada 6.500 RPM, dengan torsi maksimum 19.8 kg.m di RPM 4.800. Ada juga fitur Tilt Steering,telescopic streering dan Flex Steer yang akan memberikan pilihan kepada pengemudi sesuai medan yang dilalui via mode Comfort, Normal, dan Sporty.

Sementara untuk Honda Freed, dibekali mesin 1.500 cc SOHC 4 silinder 16 katup teknologi V-TEC PGM-FI, MPV Honda ini mampu menyemburkan tenaga mencapai 118 Ps pada 6.600 rpm dan torsi 14,9 kg/m pada 4.800 rpm.

Berbicara soal fitur keamanannya, All New KIA Carens sudah dibekali airbag, pengingat sabuk pengaman untuk semua penumpang, ESC, dan Hill-start Assist Control. Sayangnya untuk All New KIA Carens versi Indonesia harus mengalami pemangkasan fitur, yakni absennya sistem pengereman ABS dan EBD, namun kabar baiknya sudah dilengkapi empat cakram pada semua rodanya.

Sedangkan untuk Honda Freed juga cukup lengkap karena sudah ada fitur pengereman ABS, EBD dan Dual SRS Airbag sebagai penunjang keamanan berkendara. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here