Yamaha Siap Produksi Mobil Listrik Imut Motiv

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Yamaha Motor Co., memberikan lampu hijau untuk pengembangan dan produksi mobil listrik mungil dengan dua tempat duduk. Kemungkinan besar model tersebut mengacu pada konsep mobil kecil Motiv yang pernah dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show 2013.

Ketika Yamaha secara resmi memperkenalkan prototipe Motiv di Tokyo, sejumlah petinggi Yamaha menegaskan mereka ingin memasarkan mobil listrik kecil itu pada 2020. Tapi setelah itu tak ada lagi kabar berita dari Yamaha seputar Motiv sampai akhirnya muncul pemberitaan di media, seperti dilansir Nikkei, bahwa Yamaha akan membangun sebuah pabrik baru di Eropa.

Meski demikian belum ada kabar mengenai lokasi dan jumlah investasi yang dikucurkan. Rumor yang merebak menyebutkan mobil kecil Yamaha itu akan menggunakan mesin bensin 1.0 liter dan varian bertenaga listrik.

Selain itu Yamaha akan mulai memasarkan model tersebut di Eropa, meski juga dipertimbangkan untuk pasar Jepang dan kawasan Asia lainnya. Jika kabar tersebut benar, menarik untuk menantikan rivalitas Motiv dengan Smart, yang sama-sama berdimensi imut dan berdesain menarik.

Untuk diketahui, konsep Yamaha Motiv didesain oleh desainer asal Inggris, Gordon Murray, yang juga merancang supercar McLaren F1. Konsep Yamaha Motive yang diperkenalkan tiga tahun lalu, ditenagai motor listrik bertenaga 33 HP dan mampu menempuh jarak 161 km untuk sekali pengisian penuh baterai.

Menurut Yamaha, pengisian penuh baterai butuh waktu sekitar tiga jam bila menggunakan soket biasa, tapi bila memakai quick charger, waktunya terpangkas menjadi hanya satu jam. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here