Performa Porsche Macan Menang Telak dari Lexus NX

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Usai membandingkan eksterior dan interior, kini beralih ke performa dari Porsche Macan dan Lexus NX. Siapa lebih unggul dari kedua SUV premium tersebut?

Untuk diketahui, Porsche Macan memiliki dua varian untuk SUV premium, yakni tipe S dan Turbo. Porsche Macan S dibekali mesin berkapasitas 3.000 cc V6 yang mampu menyemburkan tenaga mencapai 340 Hp dan disalurkan ke transmisi kopling ganda 7 percepatan.

Dengan tenaga besar, Porsche Macan dapat berlari 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 5,2 detik saja. Sedangkan untuk varian turbonya lebih ‘buas’ lagi, tenaga Porsche Macan melonjak menjadi 400 Hp pada 6.000 Rpm, serta mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik.

Beralih ke Lexus NX. SUV Premium kompak dari Lexus ini dibekali teknologi Eco-turbo mesin 4-slinder dengan kode 8AR-FTS berkapasitas 1.998 cc yang menghasilkan tenaga hingga 238 Ps dan torsi 350 Nm dengan transmisi enam percepatan otomatis yang bisa diganti secara manual menggunakan paddle-shift.

Meski mesin dan tenaganya terbilang lebih kecil dari Porsche Macan, Lexus NX200t cukup bisa menandingi karena mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam 7 detik. Yang menarik dari Lexus NX adalah kinerja Eco-Turbo yang disebut menjadikan torsi besar dan irit bahan bakar.

Piranti ini merupakan teknologi pertama di dunia yang menggunakan cylinder head terintegrasi dengan water cooled exhaust manifold. Mobil bermesin 1.993 cc dari Lexus tersebut diklaim irit bahan bakar dengan tingkat konsumsi 12,4 km/liter, bahkan bisa mencapai 14 km/liter.

Untuk performanya, Chief Engineer Lexus NX Takeaki Kato mengklaim, SUV anyar Lexus tersebut memiliki torsi yang sama dengan mobil 3.500 cc, meski belum bisa menyaingi Porsche Macan tentunya.

Kesimpulan dari pertarungan keduanya, dari segi performa mungkin Porsche Macan unggul dari Lexus NX200t, tentu karena kapasitas mesinnya jauh lebih besar. Tapi jangan remehkan mesin Lexus NX yang memiliki performa tangguh dan juga tergolong lebih hemat bahan bakar.

Menilik harga jual Porsche Macan dan Lexus NX yang terpaut cukup jauh (hampir Rp2 miliar), rasanya konsumen akan diberi dua pilihan. Pilihan pertama, untuk konsumen berkocek lebih yang mengidam-idamkan mobil sport dengan tongkrongan SUV Premium, bisa menjatuhkan pilihan pada Porsche Macan yang memiliki performa ‘buas’.

Sedangkan pilihan kedua, untuk konsumen yang tertarik dengan tampilan mewah, sporty, performa tangguh namun juga lebih irit bahan bakar (mesin 2.0-liter), serta harga lebih ‘bersahabat’ (sekitar Rp1 miliar), bisa menjatuhkan pilihan kepada Lexus NX.

Jadi pilih mana, Porsche Macan atau Lexus NX?

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here