Astra Otoparts Pacu Bisnis Komponen Otomotif RI

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Tren akuisisi di sektor industri otomotif Indonesia dalam lima tahun terakhir cukup tinggi untuk menopang pertumbuhan kinerja keuangan dan pangsa pasar.

“Aksi akuisisi terbaru dilakukan oleh PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) yang membeli 25,8% saham PT SKF Indonesia, produsen bearing, dari Aktieboleget SKF, perusahaan asal Swedia, senilai Rp 67,1 miliar. Dengan pembelian saham itu, kepemilikan saham Astra Otoparts di SKF Indonesia bertambah menjadi 40% dari sebelumnya 14,2%, sedangkan kepemilikan SKF Swedia turun menjadi 60% dari sebelumnya 85,8%,” kata Direktur Astra Otoparts, Hugeng Gozali, di Jakarta, Selasa (29/9).

SKF Indonesia merupakan perusahaan patungan antara Astra Otoparts dan Aktieboleget SKF. Pembelian saham tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama bisnis perseroan dengan SKF terkait pengembangan bisnis bearing di pasar domestik dan internasional.

“Selain itu, untuk peningkatan produktivitas operasional dan pemasaran SKF Indonesia,” papar Hugeng.

Sebelum mengakuisisi SKF Indonesia, Astra Otoparts juga mengakuisisi 51% saham PT Pakoakuina dengan membeli sebagian saham milik pemegang saham minoritas dan mengambil saham baru yang dikeluarkan oleh PT Pakoakuina senilai Rp700 miliar.

Bersama Grup Pakoakuina, Astra Otoparts merambah bisnis komponen otomotif baru, yaitu produk wheel rim (velg) untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Produksi dilakukan di pabrik Sunter seluas 3,8 hektare dan pabrik Karawang seluas 14,5 hektare dengan kapasitas produksi 7,4 juta unit per tahun.

Pakoakuina merupakan anak perusahaan Grup Triputra yang bergerak di usaha komponen otomotif velg baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. [mor]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here