Industri Otomotif RI Harus Dipacu Saat MEA

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Saat memasuki masa penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Indonesia diharapkan tak hanya menjadi pasar bagi produk dari negara tetangga, tapi juga harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Untuk itu, pemerintah harus dapat meningkatkan pertumbuhan industri komponen otomotif lokal agar dapat bersaing dengan Thailand, yang selama ini sebagai raja otomotif di kawasan Asean.

“Industri otomotif Indonesia yang kini di belakang langkah Thailand perlu dukungan industri komponen dalam negeri untuk memperkuat rantai pasok industri otomotif nasional. Sayangnya, jumlah industri komponen lokal masih sangat minim,” kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Noegardjito, kepada pers di Jakarta, Kamis (3/12).

Noegardjito mengharapkan pemerintah mampu menggenjot investasi lokal di sektor komponen otomotif.

“Selain itu, industri otomotif juga harus melakukan transfer teknologi,” papar dia.

Sedangkan Ketua Pengembangan Industri Otomotif Gaikindo I Made Dana Tangkas mengatakan, industri komponen otomotif lokal masih kalah dibandingkan dengan Thailand. Namun Gaikindo telah bekerja sama dengan industri komponen lokal untuk memasok kebutuhan industri otomotif nasional.

“Saat ini sudah banyak produk otomotif nasional yang komponen lokalnya telah mencapai 85%. Namun sayang masih banyak kendala yang dihadapi industri komponen lokal, salah satunya adalah pasokan bahan baku yang sesuai dengan standar pabrikan,” ujarnya.

Made menambahkan, jika pertumbuhan industri komponen lokal bisa ditingkatkan, maka daya saing otomotif nasional bisa lebih tinggi dan bersaing dengan Thailand. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here