Yuk, Cari Tahu Cara Kerja Remote Starter

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Beberapa mobil keluaran baru biasanya sudah dilengkapi dengan fungsi bisa di-starter dari kejauhan tanpa harus membuka pintu dan memutar anak kunci.

Dengan memiliki mobil berteknologi canggih ini, Anda dan keluarganya tak harus kedinginan saat musim dingin atau kepanasan saat mobil terjemur sinar matahari. Pasalnya, dengan teknologi tersebut, mobil bisa dihidupkan dari jarak jauh dibarengi dengan menghidupkan AC.

Meski remote starter mobil OEM ini masih relatif baru, tapi peranti ini sudah banyak ditemukan di sejumlah toko aksesoris mobil di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia sebagai produk aftermarket.

Menurut salah satu mekanik di BSD Autopart, Serpong, Banten, remote starter ini biasanya disandingkan dengan alarm, keyless entry systems, dan beberapa peranti lainnya, meski ada juga unit yang berdiri sendiri.

Cara kerja remote starter ini ditunjang oleh sebuah komponen yang dikoneksikan ke sistem pengapian dan disematkan penerima sinyal radio. Ketika komponen itu menerima sinyal dari transmitter, yang biasanya diambil dari key fob (anak kunci), komponen ini akan mengaktikan motor starter.

Dan karena remote car starter hanya mensimulasikan tindakan yang sama seperti saat Anda memutar anak kunci, maka sistem ini memiliki beberapa keterbatasan. Salah satunya, sistem tak bisa bekerja baik pada mobil yang masih menggunakan karburator.

Beragam karburator kit kini tersedia untuk sejumlah model remote starter, tapi kit ini kurang sempurna untuk mobil berkaburator yang biasanya perlu mengocok gas atau membuka choke dalam menghidupkan mesin kala mesin masih dingin.

Selain itu, beberapa mobil keluaran baru yang sudah dilengkapi dengan sistem anti pencuri, biasanya juga berpotensi terganggu saat mengggunakan remote starter. Untuk itu diperlukan sejenis komponen bypass untuk remote starter agar bisa bekerja. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here