Toyota Siap ‘Bangunkan’ Si Beruang Merah

RAJAMOBIL.COM, St Petersburg – Setelah dua tahun terakhir mengalami kelesuan, mungkin kini saatnya ekonomi Negeri Beruang Merah Rusia bangkit. Toyota pun tak ingin menyia-nyiakan.

Raksasa otomotif Jepang ini telah menyiapkan Toyota RAV4 sebagai model kedua setelah Camry yang akan dirakit di pabrik Toyota di St Petersburg, Rusia. Selain untuk pasar Rusia, kendaraan Toyota yang dirakit di kota tersebut juga untuk mengisi pasar di Kazakhstan dan Belarusia.

Toyota Eropa, seperti dilansir Carscoops, menyatakan keinginannya untuk memproduksi kendaraan di lokasi yang dekat dengan konsumen yang membelinya. Alasannya tentu tak ingin konsumen harus menunggu berlama-lama untuk mengendarai mobil yang telah dipesan. Produksi RAV4 akan mulai dilaksanakan pada Agustus 2016 mendatang.

Perakitan RAV4 di St Petersburg adalah kelanjutan dari investasi sebesar 7,1 miliar Ruble (€90,1 juta/US$100 juta), sehingga total investasi yang dibenamkan Toyota di pabrik itu mencapai 18,2 miliar Ruble (€233 juta/US$259 juta).

Berbagai persiapan yang telah dilakukan antara lain perluasan lini manufaktur, otomasi lini pengelasan bodi, ekspansi lini produksi dan pemasangan sejumlah peralatan baru. Jika program perluasan dan peningkatan pabrik telah selesai, pabrik St Petersburg akan memiliki kapasitas produksi mulai dari 50.000 hingga 100.000 unit per tahun.

Yoshinori Matsunaga, Executive Production Director di Toyota Motors, mengungkapkan keyakinannya bahwa pasar otomotif Rusia akan bangkit, sehingga pangsa pasar Toyota di negeri itu akan terus tumbuh. Pada tahun lalu, pangsa pasar Toyota di Rusia tercatat mencapai 7,5%, atau naik tipis 0,1%, yang merupakan rekor baru bagi pabrikan mobil terbesar dunia itu. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here