Harusnya Indonesia Jadi Basis Produksi SUV dan Sedan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Saat ini pemerintah bersama para pemangku kepentingan dalam industri otomotif tengah menggodok peta jalan untuk mobil penumpang. Jenis apa yang menjadi fokusnya?

Untuk masalah ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap pemerintah memperkecil cakupan peta jalan mobil penumpang yang masuk dalam tahap penyusunan agar fokus pada dua jenis kendaraan, yakni sedan dan sport utility vehicle (SUV) berukuran kecil.

“Kedua segmen ini belum diproduksi secara massal. Untuk sedan, satu-satunya yang telah diproduksi di dalam negeri hanyalah Toyota Vios. Kalau dari kami, inginnya Indonesia menjadi basis produksi sedan dan SUV kecil, bukan hanya MPV, sehingga volume ekspor bisa diperbesar,” kata Ketua I Gaikindo, Yongkie D. Sugiarto, di Jakarta.

Menurut Yongkie, penyusunan peta jalan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan volume ekspor industri otomotif nasional serta menegaskan posisi Indonesia sebagai basis produksi kendaraan bermotor untuk seluruh segmen.

Dari data Gaikindo, ekspor kendaraan utuh atau completely built-up (CBU) pada tahun lalu mencapai 207.691 unit, mobil terurai atau completely knocked down (CKD) 108.770 unit, serta ekspor komponen 4,68 juta.

Angka torehan itu meningkat dibandingkan dengan 2014 yang hanya 202.273 unit untuk CBU, 108.580 unit untuk CKD, dan 4,20 juta komponen. Adapun tren positif ini akan terus berlanjut jika Indonesia mampu menjadi basis produksi kendaraan sedan dan SUV kecil. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here