Ini Alasan Astra Pasar Mobil Segera Membaik

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Ada dua alasan yang membuat PT Astra International Tbk (ASII) optimistis permintaan terhadap kendaraan bermotor membaik tahun ini. Apa itu?

Alasan pertama adalah laju pertumbuhan ekonomi domestik tahun ini yang mulai membaik, diiringi dengan penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Selain itu juga dengan tren penurunan harga minyak mentah dunia.

“Dua faktor yang mendukung penjualan kendaraan bermotor, yakni perekonomian yang berkembang dan biaya operasi,” ujar Direktur Independent Astra International Tbk Gunawan Geniusahardja di Jakarta, Senin.

Hingga Februari 2016, total penjualan kendaraan bermotor di Indonesia menurun sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2015.

Dengan laju perekonomian domestik pada tahun 2016 ini yang diproyeksikan dapat berada di atas 5 persen, atau lebih tinggi dari tahun 2015 lalu yang sebesar 4,79 persen, perseroan optimistis permintaan kendaraan akan membaik.

“Di 2016 ini, mungkin perekonomian domestik bisa di atas 5 persen. Daya beli itu kan dipengaruhi perekonomian yang berkembang, jadi pada semester kedua mungkin ‘demand’-nya nanti bisa lebih baik, termasuk pada produk-produk Astra,” katanya.

Lebih lanjut Gunawan menjelaskan pihaknya akan terus menjaga pangsa pasar dengan menghadirkan produk terbaiknya di sektor otomotif salah satunya seperti Toyota Fortuner dan Innova, yang masih sangat diminati oleh masyarakat.

Sementara itu, kebijakan pemerintah yang menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar menurutnya adalah salah satu unsur pendukung yang dapat mendorong permintaan kendaraan bermotor. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here