Toyota Siapkan Teknologi ‘Malaikat Pelindung’

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Teknologi digital dan robotik bukan lagi hal aneh di dunia otomotif. Tapi Toyota punya teknologi terkini yang mampu melindungi pengemudi.

Menurut Toyota, seperti dilansir Digital Trends, pengaplikasian teknologi teranyar ini sebagai persiapan raksasa otomotif Jepang itu menuju masa melewati abad ke-21. Toyota menyatakan teknologi itu semacam invisible co-pilot atau co-pilottak terlihat yang setiap saat akan memberikan perlindungan terhadap pengemudi selama berkendara.

Para peneliti di Toyota sendiri menyebut teknologi itu sebagai sistem “guardian angel” atau malaikat pelindung, yang akan memberikan saran dan bimbingan agar pengemudi selalu dapat berkendara dalam keadaan aman.

Pendekatan yang dilakukan Toyota ini agak berbeda dengan sejumlah pabrikan mobil lain yang mengembangkan mobil dengan teknologi otonom, sehingga pengemudi tak perlu lagi ikut campur dalam mengemudikan mobil. Sementara yang dilakukan Toyota adalah menemukan cara untuk membantu manusia dan mesin agar dapat bekerja bersama.

Dengan pendekatan ini, maka “guardian angel” akan mengambil alih peran pengemudi pada saat dalam situasi berbahaya, atau sedikit melakukan penyesuaian agar bahaya yang tak diinginkan tak sampai terjadi.

“Sama seperti cara kerja antilock braking dan emergency braking, di sini ada peran pengemudi virtual yang mencoba memastikan pengemudi tidak terlibat kecelakaan dengan cara mengambil alih kendali untuk sementara, terutama dalam situasi genting,” kata Gill Pratt, CEO Toyota Research Institute.

Toyota Research Institute telah bekerja sejak tahun lalu dengan dukungan investasi US$1 miliar dari Toyota guna membantu Toyota dalam mewujudkan pengemudian otonom, artificial intelligence, dan robotik. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here