Selamat Ulang Tahun ke-50 Mesin Boxer Subaru!

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Bulan ini Subaru merayakan ulang tahun ke-50 untuk mesin legendaris mereka, yakni boxer. Sebuah pencapaian fenomenal di tengah sepinya pengguna mesin jenis ini.

Mesin boxer memang bukan mesin yang paling populer di dunia otomotif. Dari segelintir pabrikan mobil yang mengadopsi mesin ini, nama Subaru adalah yang terdepan. Mesin boxer racikan pabrikan mobil asal Jepang ini dicangkokkan pada beragam model Subaru dan juga Toyota 86. Untuk merek lain yang menggunakan mesin boxer adalah Porsche.

Tak seperti mesin tradisional, yang menyejajarkan piston dalam bentuk V dengan derajat yang bervariasi (V-6, V-8) atau segaris (I-4, I-6), mesin boxer menempatkan piston dan crankshaft secara mendatar dan horizontal. Piston bergerak keluar dan masuk seperti layaknya petinju saat melapaskan pukulan jab. Itulah mengapa kemudian mesin ini dinamakan boxer.

Seperti dilansir Roadshow.com, manfaat dari mesin boxer adalah keseimbangan internal yang baik, mesin lebih pendek, titik gravitasi rendah dan pendinginan lebih efisien (pada motor berpendingin udara).

Namun sayang, mesin boxer lebih mahal, karena secara dimensi lebih lebar ketimbang mesin biasa, sehingga tugas komponen lebih berat dibandingkan pada mesin biasa. Misalnya saja saat mengganti busi, butuh alat panjang untuk menjangkaunya. Begitu juga dengan knalpot yang lebih sulit untuk mengatur lekukan dan penempatannya.

Adapun bapak dari mesin boxer adalah Karl Benz, yang pertama kali membuatnya pada 1897. Sementara Porsche menggunakan mesin boxer sejak Perang Dunia II. Sedangkan untuk Subaru pertama kali menggunakannya pada Mei 1966, yang dicangkokkan pada mobil kompak Subaru 1000. Sejak saat itu, Subaru (bersama Porsche) telah menjadi pengguna setia mesin boxer flat-four dan flat-six hingga saat ini. Selamat ulang tahun mesin boxer. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here