Perodua Axia, Kembaran Si Agya Mendapat Ubahan Desain dan Mesin

Perodua Axia yang berada di Jiran, Malaysia merupakan kembaran dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Kedua mobil tersebut mendapat perubahan tampilan, fitur hingga mesin. Mobil termurah di negeri Jiran itu, kini memiliki tampilan lewat perubahan di bagian gril serta desain head lamp yang lebih segar.

Menurut lansiran Paultan, Perodua Axia kini menggunakan lampu proyektor baru serta desain bumper yang tampak seperti Toyota Avanza. Selain itu, beberapa bagian juga diberikan aksen krom sehingga tampak lebih mewah dan elegan meski dibanderol murah.

Tidak hanya tampilan eksterior yang mendapat perubahan pada kembaran Agya, bagian dapur pacunya pun mendapat teknologi baru pada Perodua Axia facelift ini. Pada brosur yang tertera di Paultans, tertulis mobil ini sudah dilengkapi teknologi Variable Valve Timing Intelligent (VVT-i). Sementara mesin yang digunakan, bernama 1KR-VE berkapasitas 1.0 liter, DOHC dan EFI (Electronic Fuel Injection) merupakan pengganti seri 1KR-FE seperti yang beredar di tanah air juga.

Perodua Axia terbaru diklaim mendapat limpahan tenaga lebih dan hemat bahan bakar. Total power yang bisa dihasilkan naik menjadi 67 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsinya 91 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga yang dihasilkan, disalurkan ke roda depan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan atau girboks otomatis 4-kecepatan.

Konsumsi bahan bakarnya, pada transmisi manual mencapai 22,5 km/liter dari sebelumnya hanya 21,5 km/liter. Untuk sektor keamanan, Perodua Axia sudah dilengkapi fitur smart entry system dan juga start/stop engine. Sementara bagian kabin, tak banyak perubahan yang terjadi. Hanya di sektor hiburan, mobil ini bakal mendapatkan head unit layar sentuh baru dengan Smart Link.

Tenaga berlimpah hingga naik menjadi 67 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsinya 91 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga yang dihasilkan, disalurkan ke roda depan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan atau girboks otomatis 4-kecepatan.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here