Pembuatan SIM

Jakarta- Wacana penerapan psikotes untuk pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) dalam waktu dekat akan ditunda. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz.

Penundaan ini dilakukan lantaran sistem yang akan digunakan masih dipersiapkan. “Iya kita tunda dulu, karena masih dalam tahap mempersiapkan sistem. (Sampai kapan?) Ya sampai batas yang belum ditentukan,” ujarnya.

Sementara di tempat berbeda, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pelaksanaan tes psikologi itu dalam pembuatan SIM ditunda agar hasil bisa lebih maksimal.

“Iya betul. Sesuai perintah pak Kapolda (Irjen Idham Azis) ya kita tunda. Jadi untuk pelaksanaan tes psikologi dalam pembuatan SIM ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Alasannya biar sistem, SDM, prasarana dan sebagainya bisa lebih baik hingga nanti hasilnya pun terbaik,” kata Argo.

Sebelumnya, Kasie SIM Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan menerapkan tes psikologi sebagai salah satu persyaratan dalam penerbitan SIM.

Tes ini diperuntukan kepada seluruh golongan SIM serta diberlakukan untuk pengajuan SIM baru, peningkatan golongan SIM dan perpanjangan SIM.”

Sebenarnya saat ini tes psikologi telah diterapkan dalam penerbitan SIM. Namun hanya diberlakukan bagi penerbitan SIM umum saja, sedangkan untuk golongan SIM lainnya hanya dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani yang meliputi pendengaran, penglihatan dan perawakan,” katanya.

Seperti diketahui bahwa tes psikologi ini rencananya akan mulai diberlakukan pada 25 Juni 2018. Di mana para calon pengemudi akan menjalani tes psikologi yang bisa dipilah menjadi dua jenis.

Pertama, tes yang ditujukan untuk menakar kecerdasan dan keterampilan seseorang. Kemampuan yang bersangkutan dalam mengolah informasi, baik yang harfiah maupun simbolik, kemudian berperilaku secara tepat merupakan sesuatu yang relevan untuk dicek sebelum diputuskan bahwa ia layak atau tidak layak untuk memperoleh SIM.

Itu karena di jalan raya banyak informasi, termasuk rambu-rambu lalu lintas, yang harus bisa dipahami kemudian dipatuhi pengemudi dalam waktu seketika.

Sudah memiliki SIM? Yuk cari mobil baru dengan promo harga menarik, klik disini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here