RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Dalam artikel sebelumnya, kami membahas mesin turbocharged dan supercharged. Teramat banyak penjabaran terkait kedua mesin itu. Terlebih bila muncul pertanyaan, mana yang lebih unggul dari dua tipe mesin tersebut? Namun yang menarik, bagaimana bagaimana jika keduanya digabungkan dalam satu mesin? Apakah mungkin? Tentu saja!

Adalah Volvo. Pabrikan asal Swedia ini mengkawinkan Turbocharged dan supercharged dalam satu mesin. Seperti diketahui, Volvo lebih dikenal sebagai produsen kendaraan yang memprioritaskan fitur keselamatan dan keamanan. Namun, siapa sangka Volvo mengembangkan mesin yang diberinama twincharge.

Mesin berkode T6 merupakan mesin empat silinder yang menjadi wadah bagi turbocharged dan supercharged. Mesin T6 ini diklaim menjadi mesin bertenaga dan efisien bahan bakar dengan tetap mempertahankan emisi gas buang EPA 31mpg (estimasi). Mesin ini tersemat di kendaraan sedan mewahnya yaitu S90.

Dilansir dari Topspeed.com, T6 dibangun diatas pondasi mesin berkode T5 turbocharged dan ditambahkan dengan supercharged yang terhubung dengan sabuk ke crankshaft. T6 menggunakan electromagnetic clutch pada bagian depan, sehingga secara otomatis dan lembut ketika membuka tutup katup pada putaran 3.500 RPM.

Drive-E 4 cylinder Petrol Engine – T6 Rear

Supercharged memiliki keunggulan pada putaran mesin bawah dan turbocharged memiliki keunggulan pada putaran mesin atas. Itu adalah alasan kenapa Volvo meggabungkan kedua komponen dalam satu mesin. Insiyur Volvo ingin menghilangkan turbolag dengan menghasilkan peningkatan tenaga saat keduanya bekerja.

Mesin T6 twincharge memiliki kapasitas 2.000cc dengan menggunakan bahan alluminium. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 316 tenaga kuda pada putaran 5.700 rpm serta torsi sebesar 400 nm pada putaran 2.200 rpm.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here