RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Acara Ulang Tahun 20 Tahun PT HPM Indonesia tidak hanya dibarengi dengan ekspor perdana Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, tetapi capaian-capaian yang diberikan oleh pabrikan berlogo ‘H’ tersebut, kepada Pemerintah Republik Indonesia. Diketahui, PT Honda Prospect Motor telah menggelontorkan dana investasi sampai tahun 2019 mencapai angka Rp 4 Triliun.

Sejak 2013 lalu, HPM telah melakukan ekspor CKD (Completely Knock Down) dari 11 model kendaraan, ke 12 negara tujuan yang berada di Benua Asia dan Benua Amerika sejak 2013 lalu, dengan nilai ekspor mencapai Rp 12 Triliun. Mencapai angka yang cukup fantastis, HPM menargetkan akan melakukan ekspor senilai Rp 25.5 Triliun pada tahun 2021 nanti.

Target Ekspor Honda Prospect Motor Mencapai Rp 25 Triliun

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, berkata bahwa Kemenperin akan mendorong penambahan dan perluasan investasi baru. Diharapkan dapat menciptakan iklim usaha kondusif. Beliau juga sempat menyinggung masalah LCEV atau Low Carbon Emission Vehicle, dimana Indonesia menargetkan tahun 2025, kendaraan berbasis energi listrik dapat mencapai sekitar 20% populasi kendaraan di Indonesia.

Target Ekspor Honda Prospect Motor Mencapai Rp 25 Triliun

“Kami juga mendorong agar manufaktur-manufaktur otomotif dalam negeri dapat merealisasikan program pengembangan kendaraan rendah emisi atau Low Carbon Emission Vehicle. Melalui program tersebut, ditargetkan pada tahun 2025 kendaraan berbasis energi listrik dapat mencapai sekitar 20%.”

Tidak hanya nilai ekspor yang cukup besar, tetapi juga dua pabrik (Factory Plant) HPM yang terletak di daerah Karawang, Jawa Barat, ini telah menyerap tenaga kerja setidaknya 6.900 karyawan tenaga lokal, dengan total produksi hingga 2019 mencapai 1.3 Juta unit kendaraan.

Perlu diketahui bahwa, Honda Brio yang akan di ekspor ke Filipina dan Vietnam, mendapatkan kandungan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) mencapai 89%, dengan nilai ekspor sebesar Rp 1 Triliun.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here