Seputar Informasi Mengenai Immobilizer Pada Mobil

RAJAMOBIL.COM, Kaum awam, selama ini banyak yang percaya apabila kunci immobilizer hilang, berarti hanya pihak dealer resmi yang mampu membuatkan gantinya. Tapi nyatanya tidak demikian, yuks simak uraian seputar informasi mengenai immobilizer pada mobil.

Apa Sih Sebenarnya arti Immobilizer Itu?

Arti immobilizer sendiri merupakan system enkripsi elektronik. System ini berfungsi supaya hanya kunci aslinya saja yang mampu menyalakan mesin. Bahan kunci immobilizer yang utama berupa transponder chip yang ditaruh pada kunci mobil. Transponder ini juga terdapat pada belakang kemudi.

Bagi pemilik mobil baru yang menggunakan kunci immobilizer, biasanya akan mendapatkan tiga buah kunci yang diberikan pihak dealer kepada pemilik mobil. Dimana terdiri dari satu kunci utama serta dua kunci lainnya sebagai cadangan. Ketiga kunci ini mempunyai data yang telah teregistrasi secara resmi.

Berdasarkan pengakuan dari pedagang kunci duplikat yang ada di sentra otomotif Jakarta, telah mengungkapkan apabila salah satu kunci cadangan telah hilang, bisa dilakukan duplikasi kunci immobilizer.

Untuk bisa melakukan duplikasi kunci immobilizer, dengan melakukan manipulasi  transponder chip. Caranya dengan mentransferkan data digital yang ada melalui sebuah perangkat khusus.

Pedagang tersebut mengungkapkan, ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menduplikasi kunci immobilizer, yaitu masih adanya kunci asli. Sebab kunci itulah yang nantinya dipergunakan untuk bisa mentransfer data melalui perangkat khusus.

Nantinya, perangkat khusus tersebut akan membaca data kunci aslinya kemudian memindahkan menuju transponder chip. Selanjutnya transponder chip akan dipasang pada kunci yang kosong.

Biaya Pembuatan Immobilizer

Lantas, berapakah biaya pembuatan kunci immobilizer ini?

Sebelum melakukan duplikasi kunci, ada syarat yang wajib Anda penuhi, yakni mampu menunjukkan STNK dan BPKB. Hal ini diwajibkan untuk menghindari kemungkinan – kemungkinan yang tidak diinginkan.

Jika Anda sudah memenuhi, persyaratan wajib tersebut, maka proses pembuatan duplikasi kunci bisa dikerjakan.

Untuk biaya pembuatan kunci duplikasi immobilizer ini mulai Rp800.000,- hingga Rp2.000.000,- tergantung dari jenis mobil.

Tetapi jika yang akan diduplikasi merupakan mobil premium seperti BMW, Mercedes-Benz, harga yang dibanderol pun lebih mahal. Berkisar antara sepuluh hingga dua puluh juta rupiah.

Hal ini dikarenakan komponen immobilizer lebih rumit, bahkan harus dilakukan pembongkaran. Pembongkaran yang dilakukan memang memiliki risiko yang tinggi, maka tidak heran jika pembuatan duplikasi untuk mobil premium juga tinggi. Itulah seputar informasi mengenai immobilizer pada mobil. Karena biaya duplikasi kunci yang cukup mahal, maka jangan sampai Anda kehilangan kunci immobilizer.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here