Apakah Yang Dimaksud Dengan Istilah Blind Spot?

RAJAMOBIL.COM, Apakah Yang Dimaksud Dengan Istilah Blind Spot? Tak semua pengendara mengetahui apa yang dimaksud blind spot dalam berkendara. Namun, sadar atau tidak sadar sebagai pengendara kendaraan di jalan raya, Anda pasti pernah mengalami dan merasakan blindspot ini.

Pada dasarnya titik buta pada suatu kendaraan berada pada tempat berbeda-beda. Seperti contoh blindspot truck yang notabene kendaraan besar berbeda dengan mobil kecil. Hal ini dapat memicu kecelakaan karena sering truk tidak melihat mobil atau motor yang lebih kecil.

Titik buta atau blind spot adalah wilayah kemampuan pandang yang ada di sekeliling yang tak terlihat oleh pengemudi. Intinya, ketika pengendara melihat arah kiri atau kanan, keadaan di sekitarnya tidak terlihat.

Faktor yang Menyebabkan Blind Spot

Titik buta biasanya terjadi karena dua faktor, yaitu faktor lingkungan dan kendaraan itu sendiri. Contoh faktor kendaraan ini terjadi jika Anda merupakan pengendara mobil. Posisi kemudi yang berada di sebelah kanan untuk di Indonesia adalah bagian yang yang fatal.

Untuk kendaraan roda dua juga begitu. Blindspot motor biasanya berada pada bagian belakang sebelah kanan dan kiri. Untuk itu, memiliki spion yang standar adalah salah satu solusinya. Selain itu, dengan rajin berkomunikasi dengan pengendara lain juga mendukung Anda untuk lebih selamat di jalan raya. 

Cara Mengurangi Blind Spot

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengurangi terjadinya blindspot ini.

  • Pengendara harus dapat memposisikan kendaraannya terlihat oleh pengendara lain.
  • Tetaplah menjaga jarak aman.
  • Jika Anda ingin berbelok, jangan hanya mengandalkan spion saja.
  • Tempatkan spion Anda pada posisi yang sejajar dengan badan kendaraan semaksimal mungkin.
  • Berkomunikasi dengan pengendara lain. Jika Anda ingin mendahului, hendaknya membunyikan klakson.  

Mengerti dengan apakah yang dimaksud dengan istilah Blind Spot ini akan menambah wawasan untuk lebih mengurangi resiko kecelakaan kendaraan karena titik buta ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here