Cara Menghilangkan Baret Pada Cat Mobil

RAJAMOBIL.COM, Adanya baret pada bodi mobil tentu membuat tampilannya jadi kurang cantik. Ada berbagai tipe luka pada mobil, jika masih ringan bisa Anda akali dengan beberapa bahan dan tanpa harus ke bengkel.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil tersebut dengan mudah?

Periksa Kondisi Goresan atau Baret

Langkah pertama adalah melihat kondisi luka baret pada mobil. Ada beberapa kondisi yang membuatnya seperti baret padahal bukan kerusakan pada cat.

Misalnya saja debu yang menempel kemudian mengeras menjadi kerak. Jika sudah begini Anda bisa menggunakan kanebo basah untuk menghilangkannya.

Untuk Anda yang ingin tahu seberapa parah goresan pada mobil, bisa dilihat dari kedalamannya. Jika goresan yang ada sampai membuat warna perak khas besi atau logam terlihat maka baret bisa dikategorikan berat dan sulit dihilangkan. Anda membutuhkan bantuan bengkel jika kondisinya seperti ini.

Menghilangkan atau Menyamarkan Goresan pada Mobil

Ada beberapa cara untuk menghilangkan atau menyamarkan goresan pada mobil, di antaranya yaitu:

1. Kompon

Gunakan kompon untuk memoles bagian goresan yang tidak terlalu dalam. Untuk membelinya sudah tersedia di toko-toko aksesoris ataupun perkakas otomotif.

Fungsi kompon adalah untuk mengikis cat sehingga goresan sedikit tersamar atau tertutup dengan cat di sekelilingnya. Untuk hasil maksimal, gunakan kompon putih yang memiliki daya kikis lebih kuat

2.Scratch Remover

Selain menggunakan kompon, Anda juga bisa menutupinya menggunakan scratch remover. Cairan ini juga bisa Anda temukan di toko aksesoris atau perkakas mobil.

Untuk menggunakannya biasanya digunakan hingga lima kali poles untuk menghilangkan goresan.

3. Lotion Anti Nyamuk

Sebenarnya, cara ini kurang lazim tetapi masih banyak dipercaya oleh masyarakat umum. Faktanya memang bisa, tetapi di kondisi darurat saja jika tidak menemukan kompon atau scratch remover.

Ini karena sifatnya terhadap cat cukup keras jadi gunakan selama 10-20 detik saja tergantung kedalaman baret kemudian bilas menggunakan air dan lap basah segera keringkan.

Namun, perlu diperhatikan, lotion ini bisa merusak kualitas cat dan hasilnya cat buram atau memudar di beberapa mobil. Itulah tiga cara mudah menghapus goresan pada badan mobil yang bisa dilakukan dari rumah alias tanpa ke bengkel. Namun, tetap hati-hati ya agar tampilannya tetap terjaga. Jangan sampai malah membuatnya makin tidak karuan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here