Merasakan Sensasi Kenyamanan Suzuki Ciaz

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di akhir tahun 2015, Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan sedan terbarunya Ciaz. Mobil yang didatangkan dari Thailand, diyakini dapat mengganggu pasar sedan yang dihuni oleh Toyota Vios dan Honda City.

Ciaz sendiri pertama kali diproduksi Suzuki pada 6 Oktober 2014 di India. Sementara untuk pasar Asia, Ciaz di produksi Suzuki di India dan Thailand. Selain di pasar Asia, Ciaz telah dipasarkan secara global antara lain di Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Suzuki menyatakan desain Ciaz mengusung tiga konsep, yakni Sporty & Elegan design, Roomy & Comfortable Cabin dan yang terakhir, yaitu Excellent Driving Performance & Fuel Efficient.

Beberapa waktu lalu Rajamobil menguji performa dan ketangguhan Ciaz bertransmisi matik dari Jakarta menuju Bandung. Lantas bagaimana sensasinya? Simak ulasan berikut ini.

Merasakan Sensasi Kenyamanan Suzuki Ciaz

Eksterior

Pertama kali melihat, tampilan mobil ini sporty dan elegan. Tidak terlihat adanya lekukan di bodi baik bagian depan ataupun samping.

Pada bagian depan, front grille yang dilapisi krom terlihat padu dengan hologen headlamp projector yang membuat nyaman berkendara saat malam hari. Selain itu, perpaduan bumper dan fog lamp yang menambah penampilan mobil ini jadi lebih sporty.

Secara dimensi mobil ini memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi berkisar 1.475 mm. Untuk ground clearance mencapai 160 mm membuat mobil ini terlihat lebih bongsor ketimbang Toyota Vios.

Pada bagian kaki, Suzuki menghadirkan Ciaz dengan menggunakan velg R16 dengan ban berukuran 195/55. Sementara untuk suspensinya menggunakan MacPherson Strut dengan per keong untuk bagian depan dan suspensi belakang berjenis Torsion Beam.

Suspensi Ciaz terlihat halus dan ketika melintas di jalan berlubang pun goncangan di dalam kabin tidak terlalu terasa. Secara keseluruhan, bagian suspensi Ciaz terbilang nyaman.

Merasakan Sensasi Kenyamanan Suzuki Ciaz

Interior

Masuk ke dalam kabin, nuansa mewah terasa berkat penggunaanwarna silver dan ornamen chrome. Bagian jok Suzuki membuat kursi bertekstur membuatnya nyaman dan ergonomis saat berkendara. Selain itu, Suzuki juga terlihat mendesain interior dengan memberikan keleluasaan  bagi penumpang dan rasa mengemudi yang nyaman, serta menghadirkan nuansa kenyamanan bagi pengendaranya.

Kesan lapang juga terlihat saat diperhatikan baik bagian depan maupun belakang. Saat duduk di kursi belakang, dengan tinggi 178cm pun terasa nyaman karena posisi kaki tidak terbentur kursi depan maupun kepala yang menyentuh atap mobil.

Saat duduk dibagian kemudi, adanya kontrol-kontrol audio membuat kenyaman tersendiri bagi pengendara. Pasalnya, fitur-fitur tersebut memberikan kemudahan pengemudi saat ini mengontrol sistem hiburan di dalam mobil.

Sistem hiburan berteknologi tinggi seperti adanya fungsi hands-free telephone, auto driving control, Sistem audio 2 din dengan CD player, Mp3, USB connection, aux in, 4 speaker dan 2 tweeter memberi kenyaman tersendiri saat di dalam mobil Ciaz.

Merasakan Sensasi Kenyamanan Suzuki Ciaz

Fitur

Suzuki tidak memberikan kunci pada Ciaz melainkan teknologi Keyless Engine Push Start. Teknologi tersebut membuat pengendara hanya menekan tombol untuk menghidupkan atau mematikan mobil.

Selain itu, fitur hiburan di dalam mobil yang digunakan Suzuki yakni  Switch Audio yang mudah diatur pada Steer dan Bluetooth Connection dengan fungsi hands-free telephone, Auto Driving Control, Sistem audio 2 din dengan CD player, Mp3, USB connection, aux in.

Fitur lain yang terdapat pada Ciaz ialah sistem pengereman Ciaz mengadopsi sistem ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electric Brake Distribution).

Selain itu, Suzuki menyatakan bila Ciaz dibuat dengen desain yang ringan dan memberikan keamanan tingkat tinggi karena telah mengadopsi TECT (Total Effective Control Technology) Body System, dirancang untuk mampu menyerap getaran sehingga sangat aman saat terjadi benturan dan juga dilengkapi sistem alarm dan immobilizer untuk keamanan lebih.

Merasakan Sensasi Kenyamanan Suzuki Ciaz

Sistem Keselataman

Untuk fitur keselamatan, Ciaz telah dilengkapi antara lain dengan sabuk keselamatan dengan fungsi ELR dan pengaturan ketinggian, Dual SRS Airbag di baris depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang, dan Side Impact Beam di kedua sisi pintu.

Selain itu, sistem pengereman Ciaz mengadopsi sistem ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electric Brake Distribution). Sisi keselamatan dan keamanan semakin lengkap dengan adanya child proof lock pada pintu belakang.

Selain itu, Body ringan Ciaz juga memberikan keamanan tingkat tinggi karena telah mengadopsi TECT (Total Effective Control Technology) Body System, dirancang untuk mampu menyerap getaran sehingga sangat aman saat terjadi benturan dan juga dilengkapi sistem alarm dan immobilizer untuk keamanan lebih.

Merasakan Sensasi Kenyamanan Suzuki Ciaz

Mesin

Saat menyalakan Ciaz, suara mesin terdengar halus, apalagi dari dalam kabin, hampir tidak terdengar suara putaran mesin. Mesin tipe K14B memang menjadi andalan Suzuki karena di buat secara sempurna dengan kapasitas 1.4 liter.

Saat berkendaraa di jalan menanjak, Ciaz yang menggunakan sistem penggerak 2WD dan jenis kemudi Rack and Pinion cukup terkendala saat memulai. Namun saat menemukan ritme, tanjakan dapat dilalui dengan mudah.

Saat mencoba melaju dengan kecepatan tinggi, di atas kertas Suzuki menyatakan mobil ini dapat dipacu hingga kecepatan 175 km/jam. Saat Rajamobil menjajal di jalan raya yang lenggang, Ciaz dapat digeber hingga kecepatan maksimal 130-140 km/jam.

Sementara untuk akselerasi dari diam hingga kecepatan 100km/jam, diraih catatan waktu sekitar 15 detik. Hal tersebut menunjukan bila mesin yang dibenamkan Suzuki tersebut terbilang responsif. Selain itu saat melaju kencang, mobil terbilang stabil dan tidak limbung.

Harga

Dengan berbagai fitur keunggulannya, Suzuki menawarkan harga Ciaz kepada konsumen Indonesia terbilang cukup kompetitif.

Untuk harga On The Road (OTR) Jakarta Suzuki Ciaz dibandrol dengan harga Rp275 juta untuk tipe transmisi manual (M/T), dan Rp285 juta untuk tipe transmisi otomatis (A/T).

Sementara untuk pilihan warna terdapat tiga, yaitu Pearl Super Black, Pearl Snow White, dan Metallic Star Silver.

Kesimpulan

Kelebihan

Suzuki Ciaz hadir dengan desain eksterior yang stylish dan elegan. Sementara di bagian interior, kabin mobil ini di desain dengan lega dan mewah berkat penggunaan komponen yang diberikan Suzuki serta warna yang padu.

Berbagai fitur keselamatan dan teknologi yang dihadirkan Suzuki membuat mobil ini cukup diperhitungkan bila ingin membeli sedan dengan harga di bawah Rp300 jutaan.

Selain itu, mesin yang responsif serta suspensi dan juga kestabilan membuat mobil ini nyaman saat digeber dengan kecepatan tinggi.

Kekurangan

Di luar segala keunggulannya tersebut, sayangnya Suzuki Ciaz tidak menyematkan kamera parkir belakang

Tampilan dashboard dibuat sederhana, namun jika dilihat dari harganya hal tersebut terasa wajar karena memang Suzuki membandrol Ciaz dengan harga dibawah Rp300 jutaan. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here