Mengenal Lebih Dekat Jantung Mekanis All New Toyota Fortuner

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Varian Fortuner merupakan generasi penerus SUV terlaris dari Toyota. Fortuner pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan mendapatkan perubahan model dua kali. Pada generasi pertama Fortuner mendapatkan sentuhan baru dalam bentuk facelift di tahun 2010. Kemudian di tahun 2016 PT Toyota Astra Motor meluncurkan All New Fortuner dengan desain yang lebih segar.

Secara tampilan bagian eksterior All New Fortuner mendapatkan perubahan total dengan wujud yang lebih agresif dan modern. Pada tampilan fascia, All New Fortuner memiliki desain lampu yang lebih slim dan tajam dengan projector headlamp dengan daytime running light (DRL). Penyematan teknologi Bi-Beam LED diklaim semakin membuat penerangan lebih maksimal. Selain itu, di bagian bagasi belakang kini sudah disematkan teknologi electric tail gate.

Masuk ke bagian interior, All New Fortuner disematkan teknologi terkini, seperti keyless entry, dan smart start/stop button. Di bagian ini, Anda akan disambut dengan desain dashboard yang elegan yang di dominasi dengan warna hitam serta berpadu cokelat dan silver. Tak hanya tampilan yang agresif dan sporty, All New Fortuner juga dipasok dengan mesin yang mumpuni.

SUV andalan Toyota ini menggendong dua tipe mesin, yaitu Diesel dan Bensin. Untuk mesin diesel, All New Fortuner memiliki kubikasi mesin 2.4 liter VNT, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 149,6 PS dan torsi maksimal pada 40,8 kgm pada 1.600 – 2.000 rpm. Mesin diesel ini juga diklaim memiliki suara yang halus, serta efisien bahan bakar.

Fortuner  tipe diesel dibekali dengan dua tipe penggerak, 4×2 rear wheel drive dan 4×4. Untuk tipe 4×4 dibekali dengan easy 4×4 switch guna memudahkan penggunaan penggerak 4 roda saat dibutuhkan dan disertai juga dengan differential lock function.

Sedangkan untuk mesin bensin, All New Fortuner menggendong mesin berkapasitas 2.7 liter Dual VVT-i yang mampu menghasilkan 163 PS dan torsi maksimal pada 24,7 kgm. Teknologi Dual VVT-i bertugas untuk menyesuaikan waktu antara intake camshaft dan exhaust, sehingga menghasilkan tenaga yang optimal serta bahan bakar yang efisien.

Untuk jantung Fortuner tipe bensin dibekali Electronic Fuel Injection (EFI) untuk meningkatan efisiensi bahan bakar. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual (tipe G) 5 percepatan dan 5 percepatan otomatis triptonik dengan paddle shift (tipe G dan SRZ). Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, semua varian All New Fortuner dibekali dengan ECO mode dan Power mode.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here