Smart Brabus Si Kecil-kecil Cabe Rawit

RAJAMOBIL.COM, Beijing – Meski mungil, tapi jangan anggap sepele Smart yang satu ini. Berkat racikan Brabus, Smart model anyar ini mampu menyemburkan tenaga lumayan besar.

Dipamerkan di ajang Beijing Motor Show 2016, Smart Brabus diklaim bertenaga 109 Hp, yang disalurkan dari mesin berkapasitas 0.9 liter tiga silinder tapi dibekali teknologi turbocharger. Dengan komposisi itu, Smart Brabus dijanjikan sebagai mobil mungil paling sporty di kelasnya.

Sebelumnya, tuner asal Jerman ini sudah menggarap sejumlah model Smart, mulai dari Smart fortwo, fortwo cabrio dan forfour, yang tak cuma meracik ulang mesin, tapi juga suspensi yang dilengkapi ESP, kemudian power steering sport serta konfigurasi sporty untuk transmisi kopling gandanya, yang menggunakan Race Start, demikian seperti dilansir Autoguide.

Meski kenaikan tenaganya tak terlalu signifikan, yakni hanya sekitar 7 Hp dibandingkan dengan model terdahulu, tapi torsinya kini meningkat menjadi 125 pound-feet. Imbasnya, Smart Brabus fortwo mampu melesat hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik.

Menurut penjelasan Smart, suspensi Brabus Performance 20 persen lebih kuat ketimbang suspensi sport standar Brabus, sementara gejala limbung pada suspensi depan berkurang 9 persen. Untuk sistem pembuangan juga dioptimalkan, sehingga dapat memberikan tekanan pada bagian buritan.

Dari sisi luar, tampilan sporty begitu kental berkat keberadaan diffuser di belakang, kemudian moncong knalpot berlapis krom dan dukungan roda berkelir abu-abu Brabus Monoblock IX.

Beralih ke kabin, sejumlah peranti premium baru yang diberi nama Brabus Xclusive, juga semakin menambah keren, meliputi tempat duduk sport Brabus berlapis kulit Nappa, ada juga panel instrumen Brabus berlapis kulit dan fabric, instrumen dashboard Brabus dengan jam kokpit, ditambah dengan karpet berlabel Brabus. Emblem Brabus Xclusive juga terpampang pada spion tengah yang berbentuk segitiga dan pada pilar B.

Paket premium itu juga meliputi lampu LED sebagai peranti standar dan Sensor serta kursi dengan pemanas. Asyiknya lagi, tempat duduk belakang pada Smart dilengkapi dengan kotak barang yang bisa dilepas pasang. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here