Mengamati Cara Kerja Teknologi Mesin Anyar Honda

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Honda telah mengajukan paten baru terkait dengan teknologi yang akan dipasang pada mesin generasi anyar.

Berdasarkan database di kantor pendaftaran paten Jepang, seperti dikutip Automotive News, sepertinya Honda tengah menggarap sebuah solusi baru yang akan menyelang-nyeling langkah (stroke) dari masing-masing silinder di dalam sebuah mesin, sehingga memungkinkan setiap silinder memiliki kapasitas berbeda.

Kita akan mengambil contoh mesin Honda berkapasitas 2.0-liter empat silinder. Artinya, masing-masing mesin memiliki kapasitas 500cc dan tergantung pada berapa banyak silinder yang bekerja, sehingga kapasitas mesin ini bisa 500cc, 1000cc, 1500cc atau 2000cc.

Mengamati Cara Kerja Teknologi Mesin Anyar HondaTeknologi baru ini dapat menawarkan lebih dari empat kapasitas mesin yang berbeda yang bekerja bersamaan, dengan celah yang lebih kecil di antara masing-masing mesin.

Dengan empat silinder yang berbeda ukuran, maka ada total 15 kombinasi berbeda, yakni mulai dari satu hingga empat silinder yang bekerja. Itu artinya satu mesin bisa memiliki 15 kapasitas yang berbeda yang bekerja secara bersamaan. Cukup menarik temuan Honda ini.

Paten anyar ini menggambarkan bagaimana teknologi ini dapat bekerja beriringan pada mesin segaris, baik dua, tiga dan empat silinder serta mesin V6. Ada kemungkinan Honda mengembangkan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Namun demikian Honda belum mau membuka rahasia untuk apa teknologi ini dibuat. [yog]

1 KOMENTAR

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here