Audi A8 Generasi Anyar Lahir 2017, Ini Fitur Andalannya

RAJAMOBIL.COM, Ingolstadt – Audi A8 generasi baru sudah dikonfirmasi bakal debut pada 2017. Apa saja keunggulannya? Kepastian waktu kelahiran A8 itu disampaikan dalam rapat umum pemegang saham tahunan Audi oleh CEO Rupert Stadler, seperti dilansir Motor Authority.

Stadler juga menyatakan Audi A8 terbaru ini akan menjadi model pertama Audi yang memiliki teknologi self-driving alias otonom. Mirip dengan Autopilot milik Tesla, teknologi otonom Audi ini dapat mengemudi sendiri di jalan bebas hambatan untuk sementara hingga kecepatan sekitar 60 km per jam.

Untuk platform yang dipakai Audi A8 adalah MLB Evo, yang debut bersama Audi Q7 model 2016. Platform anyar ini diklaim dapat memangkas bobot secara signifikan. Sementara gaya desain A8 versi terbaru ini akan mengacu pada mobil konsep Prologue.

Teknologi baru yang paling diandalkan Audi A8 adalah sistem mengemudi sendiri atau otonom, yang disebut Audi sebagai Piloted Driving. Dengan teknologi ini, A8 dapat parkir sendiri di berbagai situasi dan juga melaju di lalu lintas padat hingga kecepatan yang disebutkan di atas.

Kemampuan melaju tanpa sopir itu berkat dukungan beberapa pemindai yang diletakkan di sekeliling mobil dan sebuah komputer sentral, yang dikenal dengan istilah central driver assistance control unit (zFAS).

Sistem ini akan memproses seluruh data dan melakukan sejumlah penyesuaian yang diperlukan pada roda kemudi, transmisi dan rem. Beberapa fitur terkini lainnya yang disematkan pada New A8 adalah lampu organik LED. Lampu jenis ini juga dapat dipakai di dalam kabin, misalnya pada layar digital yang dipadukan dengan beberapa fitur kendali gerakan.

Dan yang tak kalah menarik adalah teknologi pada mesinnya. Mesin A8 anyar akan dilengkapi turbocharger yang dikendalikan secara elektronik. Teknologi dapat membantu mengurangi turbo lag.

Sementara bagi penggemar teknologi hybrid, New A8 juga bakal hadir dalam varian e-tron plug-in hybrid, yang memadukan mesin V-8 dengan motor listrik bertenaga besar. Pada konsep Prologue, racikan ini menghasilkan tenaga hingga 724 Hp dan 663 pound-feet. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here