Mengintip Sejarah 44 Tahun Kiprah Honda Civic

Dok. HPM

RAJAMOBIL.COM, Bandung – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi memperkenalkan All New Honda Civic di perhelatan IIMS pada 7 April 2016 lalu. Kiprah sedan besutan Honda ini telah lama melegenda di seantero dunia.

Kini generasi ke-10 dari Honda Civic tampil dengan ubahan desain revolusioner yang didukung fitur-fitur canggih serta mesin turbo pertama di kelasnya.

Honda menyatakan, All New Honda Civic dikembangkan berdasarkan reputasi besar dari generasi-generasi sebelumnya. Desain baru yang atraktif dengan mesin Turbo akan mengembalikan gairah pasar otomotif di Tanah Air pada segmen sedan.

“Animo masyarakat di Indonesia terhadap All New Honda Civic terbilang sangat baik. Bahkan, sejak diperkenalkan di IIMS, sedan terbaru kami ini mampu membukukan inden sebanyak 300 unit,” papar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM, di sela media test drive All New Honda Civic di Bandung, baru-baru ini.

Menurutnya, Honda Civic merupakan salah satu sedan Honda dengan penjualan tersukses, baik di Indonesia maupun secara global. Lantas bagaimana kiprah perjalanan Honda Civic ini?

Pada tahun 1972, untuk pertama kalinya Honda Motor memperkenalkan Honda Civic sebagai model global pertama Honda. Mobil yang diperkenalkan sebagai sebuah mobil compact bertenaga dan hemat bahan bakar ini langsung diterima dengan sangat baik oleh konsumen.

Hingga saat ini Honda Civic telah berhasil dipasarkan di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Tercatat sejak diperkenalkan, Honda Civic mampu mencatat penjualan lebih dari 23 juta unit.

Di Indonesia sendiri Honda Civic diperkenalkan sejak tahun 1976, bahkan hingga saat ini sedan andalan Honda tersebut telah meraih penjualan lebih dari 112 ribu unit. Tak hanya dari penjualan, Honda Civic di Indonesia juga meraih sebanyak 21 penghargaan bergengsi.

Dari generasi ke generasi sedan jagoan Honda ini telah mengalami ubahan yang cukup signifikan baik dari sisi ekterior dan interiornya. Berikut sejarah pengembangan dan produksinya:

  1. Generasi Pertama   : 1973 – 1979.
  2. Generasi kedua      : 1980 – 1983.
  3. Generasi Ketiga      : 1984 – 1987.
  4. Generasi Keempat   : 1988 – 1991.
  5. Generasi Kelima      : 1992 – 1995.
  6. Generasi keenam     : 1996 – 2000.
  7. Generasi ketujuh     : 2001 – 2005.
  8. Generasi kedelapan  : 2006 – 2011.
  9. Generasi kesembilan : 2012 – 2015.
  10. Generasi Kesepuluh  : 2016.
Dok. Honda
Dok. Honda

Berbeda dengan yang dipasarkan di Thailand, untuk generasi ke-10 yang dipasarkan di Indonesia, All New Honda Civic mengalami beberapa perubahan. Apa saja?

Dok. HPM
Dok. HPM

1. Eksterior All New Honda Civic menyematkan Full LED Headlight yang dilengkapi LED Daytime Running LED (DRL), Rear Combi Lamp yang didukung LED Light Bars, dan Dual Exhaust Pipe Finisher yang diklaim meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi, serta dibalut velg berukuran 17 inci.

2. Interior All New Honda Civic memiliki konsol tengah yang didukung sistem audio video canggih dengan layar sentuh 7 inci yang dibekali OS Android berteknologi Wireless Mirror Linked untuk Smartphone dan dapat terkoneksi dengan WiFi.

Dok. HPM
Dok. HPM

3. Memiliki fitur canggih, yaitu Rain Sensing Windshield Wiper dan Remote Engine Start, yang dapat membuka dan mengunci pintu hingga menyalakan mesin termasuk mengaktifkan AC secara otomatis.

4. Perubahan paling ekstrim dari All New Honda Civic terletak pada dapur pacunya yang kini mengusung mesin berkapsitas 1.5L VTEC Turbo. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi 22,4 kg.m pada 1700 – 5500 rpm. Selain diklaim efisien bahan bakar, tenaga pada mesin ini merupakan yang terbesar di kelasnya.

5. Dengan segala kelebihan tersebut, harga All New Honda Civic naik sekitar Rp9 juta dari generasi sebelumnya. Sedangkan pada generasi anyar ini Honda menawarkan banderol Rp475 juta on the road Jabodetabek. [yog]

Ingin punya mobil-mobil Honda idaman Anda? Dapatkan penawaran khususnya di tautan ini.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here