Outlander Sport GT, Crossover Berkemampuan Reli

yogi megah perkasa
RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sempat menjadi bintang di pasar crossover Tanah Air sebelum bersaing ketat dengan Honda HR-V, Mitsubishi Outlander Sport tetaplah layak menjadi pilihan bagi mereka yang ingin tampil dinamis.
Yang kita bahas saat ini adalah model Outlander Sport GT yang dibekali sistem penggerak semua roda. Memang varian ini belum ada di Indonesia, tapi setidaknya Anda memiliki gambaran mengenai performanya seandainya model ini masuk ke Tanah Air.
Jika saja Outlander Sport GT hadir di Indonesia, model ini diperkirakan tampil menjadi yang terdepan di kelasnya dari sisi performa, terutama dalam hal kemampuannya melibas medan off-road. Apalagi ditunjang dengan kemampuan mesin 2.4 liter, Mitsubishi Outlander Sport GT bisa-bisa tanpa lawan seimbang.
Untuk tampangnya Outlander Sport GT lebih mirip dengan sedan Mitsubishi Lancer Evolution, yaitu bentuk grilnya yang ekstra besar. Tampilannya makin agresif berkat dukungan lampu utama HID berukuran lebar, velg 18 inci dan atap berkelir hitam.
Cheatsheet
Cheatsheet
Seperti dilansir Cheatsheet, Outlander Sport GT dibekali all-wheel control (AWC) system seperti yang dimiliki Lancer Evo, Anda bisa menebak bagaimana performa mobil ini. Ditambah lagi dengan mesin 2.4 liter MIVEC yang memiliki torsi sebesar 167 foot-pound, menerjang jalan jelek bukanlah masalah besar. Pengendalian makin nyaman berkat keberadaan paddle shifter. Tapi sayang, mesin Outlander Sport GT tak dibekali turbo seperti layaknya mesin Lancer.
Outlander Sport GT menyematkan rem berukuran besar merek Brembo dan juga aero kit yang berkualitas. Dari sisi akomodasi penumpang dan barang, Outlander Sport GT juga patut diacungi jempol. Ruang di bangku belakang lumayan lega, begitu juga ruang bagasinya yang cukup luas. Belum lagi pemakaian penghangat pada tempat duduknya yang sudah berlapis kulit. Hanya saja, material plastik murah menjadi nilai negatif pada Outlander Sport GT ini, meski LED mood lighting, sunroof panoramic dan paddle shifter bergaya reli dapat menutup kesan negatif tersebut.
Sisi positif lainnya yang patut mendapat acungan dua jempol untuk Outlander Sport GT adalah beragam fitur terkininya, seperti layar sentuh 6.1 inci yang mudah dioperasikan, sistem audio Rockford Fosgate 710 watt dan sound system sembilan speaker. Teknologi tinggi lainnya yang dipakai Outlander Sport GT adalah FUSE hands free system, hill start assist, on demand all-wheel drive, dan keyless passive entry setup.
Mengemudikan Outlander Sport GT yang dilengkapi dengan sistem AWC, pengemudian terasa mantap dan merdu suara mesin dapat dirasakan dari balik kemudi, sehingga dapat menggugah Anda untuk membejek pedal gas lebih dalam. Tapi sayang mesinnya belum dibekali turbo, sehingga cuitan turbo tak dapat Anda dengar ketika mencoba untuk berakselerasi.
Cheatsheet
Cheatsheet
Performa rem, pengemudian dan traksi roda menjadi hal yang diunggulkan untuk Outlander Sport GT. Meski mobil ini masuk kelas entry-level, tapi kemampuan layaknya mobil reli dan performa CVT yang mumpuni dapat menghasilkan tenaga besar namun tetap irit bahan bakar.
Jika Anda tak suka performa galak dan lebih memilih irit bahan bakar, Anda perlu menyetel ke sistem gerak roda depan hanya dengan menekan sebuah tombol. Tapi bila Anda melintasi jalan licin atau jalan jelek, pilihlah setelan 4WD otomatis. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here